Kejutan Hebat! Georgia Pukul Portugal 2-0, Debutan Melaju ke 16 Besar Euro 2024 Berkat Mentalitas Ini

Kejutan Hebat! Georgia Pukul Portugal 2-0, Debutan Melaju ke 16 Besar Euro 2024 Berkat Mentalitas Ini

KEJUTAN! Georgia pukul Portugal 2-0, melaju ke 16 Besar Euro 2024. Foto: tim Georgia merayakan kelolosan mereka ke fase knockout. -Ina Fassbender -AFP

HARIAN DISWAY - Georgia membuat sejarah luar biasa. Tampil sebagai debutan di Euro 2024, tim besutan Willy Sagnol itu lolos ke babak 16 Besar!

Keberhasilan itu tidak diperoleh dengan keberuntungan. Georgia dengan perkasa mengalahkan juara Eropa 2016, Portugal, dengan skor meyakinkan 2-0. Tepatnya dalam matchday terakhir Grup F Euro 2024 di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Kamis, 27 Juni 2024.

Dalam laga itu, Portugal memang sudah memastikan gelar juara grup F. Pelatih Roberto Martinez menurunkan pasukan pelapis, kecuali Cristiano Ronaldo. Sang kapten terjun sejak menit pertama.

BACA JUGA:Link Live Streaming Portugal vs Georgia: Mungkinkah Selecao Raup Skor Sempurna?

Namun, pada menit kedua, Selecao das Quinas (sebutan Portugal) sudah dikejutkan oleh gol dari Khvicha Kvaratskhelia. Gelandag Napoli itu melepaskan tembakan mendatar melewati kiper Portugal Diogo Costa. Dan gagal diblok. Gol! Georgia sudah leading 1-0.


KEJUTAN! Georgia pukul Portugal 2-0, melaju ke 16 Besar Euro 2024. Foto: tim Georgia merayakan kelolosan mereka ke fase knockout.-Kenzo Tribouillard-AFP

Alih-alih membalas gol, Portugal malah kebobolan lagi di babak kedua. Mereka mendapat hukuman penalti setelah bek Portugal Antonio Silva menendang kaki Luka Lochoshvili di kotak terlarang.

Wasit melihat VAR. Kontak antara Silva dengan sang lawan tidak terlalu keras. Namun cukup untuk membuat Lochoshvili terjatuh. Aturan tetap aturan. Georges Mikautadze mengeksekusi penalti dengan tenang. Dan membawa Georgia unggul 2-0.

BACA JUGA:Preview Georgia vs Portugal: Cristiano Ronaldo Tetap Main Meski Selecao Sudah Lolos, Ini Alasannya

BACA JUGA:Kalahkan Turkiye 3-0, Ini Calon Lawan Portugal di Babak 16 Besar Euro 2024: Inggris, Italia, atau...

"Ketika Anda berada di tim 'kecil', Anda bermain nothing to lose," kata Willy Sagnol dalam konferensi pers usai laga, dikutip BBC.

"Satu-satunya hal yang kami katakan sebelum kompetisi adalah jangan menyesal. Dan jangan sampai tidak menikmati kompetisi ini sebaik mungkin, seperti yang seharusnya kami lakukan," tuturnya.

"Kami tidak memiliki beban. Satu-satunya tanggung jawab yang kami miliki adalah membuat negara Georgia bangga kepada para pemainnya, dan kupikir kami telah melakukannya dengan cara terbaik," papar mantan bintang timas Prancis itu.


KEJUTAN! Georgia pukul Portugal 2-0, melaju ke 16 Besar Euro 2024. Foto: Khvicha Kvaratskhelia jadi pahlawan Georgia dengan gol pertamanya.-Ina Fassbender -AFP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc