Kejutan Hebat! Georgia Pukul Portugal 2-0, Debutan Melaju ke 16 Besar Euro 2024 Berkat Mentalitas Ini

Kejutan Hebat! Georgia Pukul Portugal 2-0, Debutan Melaju ke 16 Besar Euro 2024 Berkat Mentalitas Ini

KEJUTAN! Georgia pukul Portugal 2-0, melaju ke 16 Besar Euro 2024. Foto: tim Georgia merayakan kelolosan mereka ke fase knockout. -Ina Fassbender -AFP

Dengan hasil itu, Georgia lolos ke babak 16 Besar dengan mengantongi predikat sebagai peringkat 3 terbaik. Mereka mengumpulkan 4 poin. Sebelum menang atas Selecao das Quinas, Georgia kalah oleh Turkiye 1-3, dan imbang melawan Rep Ceko 1-1.

BACA JUGA:Rapor Pemain Portugal vs Ceko: Ronaldo Cetak Rekor, Conceicao Jadi Pahlawan, Pepe Solid, Sisanya...

Bahkan sampai timnya unggul 2-0, Sagnol sama sekali belum mau percaya timnya lolos ke 16 Besar. Saat masih berstatus debutan alias first timer.

"Kalau boleh jujur, aku baru percaya (Georgia lolos) setelah wasit meniup peluit terakhir," ungkap Willy Sagnol.

"Karena sepak bola memang seperti itu. Anda bisa memainkan pertandingan hebat sepanjang turnamen, dan kemudian kalah di laga terakhir. Aku jadi sering mengecek waktu. Setiap detik! Pada akhirnya, kami merasa sangat, sangat hampa," tuturnya, menggambarkan perasaan ketika mereka memastikan menang.

BACA JUGA:Full Cycle: Profil Francisco Conceicao, Anak Legenda Portugal yang Digantikan Cristiano Ronaldo

Jalannya Pertandingan Georgia vs Portugal

Georgia sebenarnya cukup membiarkan Portugal mengontrol penguasaan bola. Mereka bertahan dengan kuat dan menutup ruang untuk membatasi peluang Portugal, dan menunggu kesempatan untuk mengancam melalui serangan balik.

Hanya sedikit peluang yang didapat Georgia. Dan hanya sedikit ancaman nyata yang mereka berikan pada barisan belakang Portugal. Namun, mereka mempertahankan performa dengan sempurna, dan menyebabkan Cristiano Ronaldo dkk semakin frustrasi.

Cristiano Ronaldo kekurangan suplai bola dari tengah untuk membuat perbedaan di daerah pertahanan Georgia. Para gelandang Portugal kesulitan mengoper bola gara-gara tekanan disiplin anak buah Willy Sagnol.


KEJUTAN! Georgia pukul Portugal 2-0, melaju ke 16 Besar Euro 2024. Foto: Cristiano Ronaldo tak bisa menembus pertahanan Georgia. -Ina Fassbender -AFP

BACA JUGA:Francisco Conceicao Jadi Pahlawan Kemenangan Portugal, Begini Pujian Roberto Martinez

Khvicha Kvaratskhelia membuat Serie A bersinar ketika membawa Napoli menjuarai liga pada 2022-23. Ia belum mencapai level yang sama sejak itu. Ia kesulitan bersinar di Euro 2024. Namun, ia muncul sebagai pahlawan saat melawan Portugal.

Willy Sagnol memberi tugas kepada Kvaratskhelia dan Mikautadze untuk menjadi ujung tombak terdepan Georgia. Instruksinya jelas. Mereka bersiap menyerang Portugal ketika momentumnya datang. Dan mereka melakukannya sejak awal.

Kiper Giorgi Mamardashvili, yang berperan penting dalam membantu mereka bermain imbang 1-1 dengan Republik Ceko, tampil cukup santai. Tak banyak pekerjaan yang harus ia lakukan, mengingat Portugal sangat kesulitan menembus benteng defender di depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc