Tim Medis Dinilai Lambat Saat Zhang Zhi Jie Kolaps, Begini Pembelaan PBSI

Tim Medis Dinilai Lambat Saat Zhang Zhi Jie Kolaps, Begini Pembelaan PBSI

TIM medis dinilai lambat Saat Zhang Zhi Jie kolaps, begini pembelaan PBSI.-PBSI-

JOGJAKARTA, HARIAN DISWAY - Dunia bulu tangkis berduka. Pemain muda Tiongkok Zhang Zhi Jie meninggal dunia pada Minggu, 30 Juni 2024 malam. Ia kolaps di tengah pertandingan. Saat berlaga di Kejuaraan Asia Junior 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Dalam jumpa pers pada Senin, 2 Juli 2024, PBSI menjelaskan kronologi meninggalnya pemain tunggal putra Tiongkok tersebut. Selain itu, PBSI juga memberi klarifikasi terkait respons tim medis yang dinilai lamban dalam memberi pertolongan pertama.

Menurut penjelasan dari Kabid Humas dan Media PP PBSI Broto Happy Wondomisnowo, tim medis dan dokter turnamen masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan pertama setelah mendapatkan call (panggilan) dari referee.

BACA JUGA:Pemain Badminton Tiongkok Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Saat Tampil di Kejuaraan Asia Yunior di Jogjakarta

"Ini merupakan regulasi atau aturan sesuai SOP yang berlaku di setiap turnamen bulu tangkis internasional dari BWF dan Badminton Asia. Tim medis masuk arena dan melakukan survei awal. Ini sesuai prosedur," ungkap Broto.


TIM medis dinilai lambat Saat Zhang Zhi Jie kolaps, begini pembelaan PBSI. Foto: Zhang Zhi Jie (tengah) menjadi juara dunia junior 2023.-CBA-

Setelah diberi pertolongan pertama, dokter turnamen segera melarikan Zhang ke rumah sakit rujukan. Yakni RSPAU dr Suhardi Hardjolukito. RS tersebut berjarak 4,7 km dari venue. Tim medis memerlukan waktu 10 menit untuk tiba di sana.

"Hanya perlu waktu 1 menit 20 detik bagi tim dokter yang memberikan pertolongan pertama yang masuk lapangan, hingga memutuskan dibawa pakai ambulan ke RS," kata Broto.

BACA JUGA:Apakah Gejala Serangan Jantung sama dengan Gejala Maag?

BACA JUGA:Personel Dara Puspita Lies AR Meninggal Dunia di Mojokerto Akibat Gagal Jantung dan Komplikasi

"Pemilihan RSPAU sebagai RS rujukan juga sesuai rekomendasi dari Badminton Asia terkait jarak dan fasilitas yang tersedia. Itu dicantumkan dan disetujui oleh referee," lanjut mantan wartawan tabloid Bola tersebut.

Dari video yang beredar luas, Zhang tiba-tiba jatuh pingsan saat pertandingan melawan Kazuma Kawano dari Jepang. Laga baru berjalan 17 menit. Zhang Zhi Jie jatuh dengan posisi menelungkup. Badannya kejang beberapa kali.

Tim memang medis tidak langsung masuk ke lapangan. Zhang Zhi Jie terlungkup di lapangan sendirian sekitar 40 detik sebelum tim medis datang.


TIM medis dinilai lambat Saat Zhang Zhi Jie kolaps, begini pembelaan PBSI. Foto: PBSI diwakili Humas Broto Happy (tengah) menggelar konferensi pers di Yogyakarta, 1 Juli 2024. -PBSI-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: