Israel Kisruh di Internal Pasca Dibebaskannya Dirut RS Al-Shifa, Gaza: Penjara Sudah Penuh!

Israel Kisruh di Internal Pasca Dibebaskannya Dirut RS Al-Shifa, Gaza: Penjara Sudah Penuh!

Loh, Israel Chaos Usai Direktur RS Al-Shifa Dibebaskan?-SHAUL GOLAN / POOL / AFP-

Dalang utama yang tengah disudutkan berbagai pihak atas kesalahan pembebasan ini adalah badan intelijen internal Israel yang dikenal dengan sebutan Shin Bet.

Pihak Shin Bet mengklarifikasi atas alasan tindakannya membebaskan sejumlah tahanan adalah karena kurangnya ruang yang tersedia di penjara.

BACA JUGA:Israel Tertekan: Netanyahu Desak AS untuk Kirim Senjata, Hizbullah Lanjutkan Serangan

BACA JUGA:Boikot Produk Israel: Aktivis Palestina Rilis Daftar Substitusi yang Aman Dikonsumsi

Mereka juga mengatakan kalau pembebasan yang dilakukan itu demi kebutuhan ruang untuk jumlah tahanan yang lebih besar.

Shin Bet kemudian melempar kritik pada pihak Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir karena minimnya ruang di penjara dinilai sebagai kegagalan mereka dalam mengatasi krisis penahanan. 

"Karena tidak ada pilihan lain, tanpa solusi langsung terhadap krisis ruang penjara, penangkapan akan terus dibatalkan dan tahanan akan terus dibebaskan," papar pihak Shin Bet.

Gvir menjawab kritikan dari Shin Bet dengan memberikan berbagai penjelasan tentang perseteruannya dengan pihak Shin Bet melalui kanal X @itamarbengvir.

Melalui akunnya, Gvir memberikan pernyataan bahwa tindakan Shin Bet itu merupakan hasil dari kelalaian keamanan. 

Menteri yang berhaluan sayap kanan ini juga menyetujui bahwa berbagai kondisi yang kurang stabil di penjara Israel justru merupakan komitmennya saat menjabat sebagai menteri.

Ia memiliki ambisi yang besar untuk menekan kondisi para tahanan yang dianggap bagian dari Hamas, yang mereka nilai sebagai kelompok teroris.

BACA JUGA:Netanyahu Akui Serangannya Sebagai Kesalahan Tragis, PBB: Pengakuan Tak Berarti!

BACA JUGA:Bangga! Dua Lipa Tunjukkan Dukungan ke Palestina di Festival Glastonbury 2024

Gvir memaparkan bahwa meskipun keadaan penjara tengah mengalami kelebihan kapasitas, ia tak akan mengambil opsi untuk membebaskan para tahanan. 

"Dan inilah inti perselisihan antara saya dan ketua Shin Bet Ronan Bar: Ronan Bar menyatakan bahwa kondisi para teroris di penjara, termasuk kepadatan yang berlebihan, terlihat buruk di dunia, dan dapat menyebabkan eskalasi," tulis Gvir dalam kanal X-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: walla