Unitomo dan Unram Gandeng Tangan Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Penelitian Agribisnis

Unitomo dan Unram Gandeng Tangan Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Penelitian Agribisnis

Rektor Unitomo Prof. Dr Siti Marwiyah SH MH dan Rektor Unram Prof. Ir Bambang Hari Kusumo MAgr. St, PhD saat penandatanganan MoU, MoA,dan AI di Mataram, Jumat, 5 Juli 2024. -Dok. Universitas Dr Setomo Surabaya-

HARIAN DISWAY – Sebagai wujud upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya menjalin kerja sama dengan Universitas Mataram (Unram). Nota kesepakatan ini dilakukan di Matara, Jumat, 5 Juli 2024. Ditanda tangani oleh Rektor Unitomo Prof. Dr Siti Marwiyah SH MH dan Rektor Unram Prof. Ir Bambang Hari Kusumo MAgr. St, PhD.

Selain Rektor Unitomo juga mengajak Wakil Rektor 4 bidang Kerjasama Prof. Dr Nur Sayidah, SE, Ak, MM dan Dekan Fakultas Pertanian Dr Kejora Handarini, STP, MP. Kunjungan ini diinisiasi Fakultas Pertanian yang berhasil mendapatkan Hibah Dikti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

Kerja sama dua universitas ini untuk meningkatkan minat mahasiswa pada Program Studi Agrobisnis Perikanan Fakultas Pertanian. Berdasar data penerimaan mahasiswa baru memang ada penurunan untuk program studi ini.

Untuk mengatasi hal ini, diperlukan inovasi pembelajaran berbasis kewirausahaan. Dikembangkan lah  konsep MINI Fisheries Techno Park yang diajukan dalam HIBAH PKKM 2024. Salah satu solusi dari gap analisis adalah kurangnya mitra kerjasama dengan perguruan tinggi (PT). 

BACA JUGA:Kolaborasi Lawan Hoaks: Jurnalis, Influencer, dan Akademisi Bersatu di Workshop Literasi Digital Fikom Unitomo Surabaya

BACA JUGA:KPID Jatim Jalin Kerja Sama dengan Fikom Unitomo

Karenanya Unitomo memilih Unram sebagai mitra karena Program Studi Agribisnis Unram unggul dan memiliki banyak mahasiswa dari daerah timur. Khususnya Mataram. Kerja sama ini juga diharapkan membuat Unram dapat melebarkan sayap di luar Pulau Jawa. Terlebih mengingat Unitomo sudah memiliki mitra di Pulau Jawa. Pendukung lain adalah salah satu alumni dari Prodi Budidaya Perairan Unitomo kini menjabat sebagai Kaprodi Budidaya Perairan di Unram.


Rektor beserta jajaran pimpinan Unitomo dan Unram berfoto bersama usai penandatanganan MoU dan MoA di Mataram, Jumat, 5 Juli 2024.-Dok. Universitas Dr Setomo Surabaya-

Sebelumnya, enam mahasiswa dari Prodi Budidaya Perairan (BP), Agrobisnis Perikanan (AP), dan Pengelolaan Sumber Daya Perairan (PSDP) Fakultas Pertanian Unitomo telah mempublikasikan karya mereka di Jurnal Perikanan Unram. Namun, selama ini belum ada kesepakatan kerjasama formal (IA). Kunjungan ini bertujuan untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MOU), Memorandum of Agreement (MOA), dan Implementing Agreement (IA). Itu untuk memperkuat hubungan antara kedua universitas.

Rektor Unram Prof. Ir Bambang Hari Kusumo, MAgr. St, PhD mengatakan banyak peluang kolaborasi yang dapat dilakukan antar perguruan tinggi untuk menciptakan keseimbangan dan memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU). Rektor Unram ini juga menekankan pentingnya pengembangan penelitian bagi para guru besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Prof. Bambang optimistis sinergitas antara Unram dan Unitomo akan membawa banyak manfaat. "MOU tanpa IA tidak bermakna. Mari bersama meningkatkan IA sebanyak-banyaknya," tambahnya.

BACA JUGA:Dekan Fikom Unitomo Terpilih Menjadi Peserta IVLP di Amerika Serikat

BACA JUGA:Unitomo Terus Gali Potensi Junrejo

Sementara itu, Rektor Unitomo Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH, MH menyatakan bahwa kunjungan ke Unram telah memberikan banyak wawasan berharga untuk perbaikan Unitomo ke depan. Kedua universitas juga sepakat untuk saling mendukung dan terus meningkatkan implementasi kerjasama demi kemajuan bersama. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: