SYL Merasa Dikhianati Panji

SYL Merasa Dikhianati Panji

Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menunggu sidang pembacaan nota pembelaan (pleidoi) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jumat, 5 Juli 2024.-JPNN-

HARIAN DISWAY - Menteri Pertanian periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL) merasa telah dikhianati oleh ajudannya, Panji Harjanto. Menurut SYL, pengkhianatan atas kebaikannya kepada Panji terlihat dari berbagai tuduhan di persidangan pemeriksaan saksi perkara dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian. 

"Sejenak saya tidak mampu membayangkan hal ini. Saya dan keluarga hanya bisa menyerahkan ke hadapan Ilahi terhadap penghianatan kebaikan yang telah saya berikan kepada saudara Panji," tutur SYL. 

Pernyataan itu disampaikan SYL dalam pembacaan nota pembelaan (pleidoi) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jumat, 5 Juli 2024. SYL tidak menyangka Panji melemparkan berbagai tuduhan tak berdasar dalam persidangan dengan berbagai asumsi dan rekayasa informasi.

Tuduhan Panji dimaksud, antara lain adanya permintaan uang yang memanfaatkan posisinya sebagai orang dekat menteri dan bertugas setiap saat di samping SYL. Terlebih lagi, kata dia, tuduhan Panji tersebut menyeret keluarga SYL dan menggambarkan sesuatu berlebihan, yang pada faktanya memperkuat alibi Panji untuk menjalankan peran seolah-olah permintaan uang tersebut untuk kepentingan menteri. 

BACA JUGA:SYL Kaget Disebut Tamak Oleh JPU KPK

BACA JUGA:Pleidoi SYL: Persidangan Ini Telah Membunuh Karakter Saya

Menurut SYL, Panji telah diangkat sebagai ajudan dengan pertimbangan mempunyai latar belakang sebagai pegawai Kementan yang masih muda dan bebas kepentingan.

Hal itu dengan harapan Panji mampu mengawal dan menjaga SYL dalam menjalankan tugas dari berbagai hal yang dapat merugikan dirinya sebagai menteri. Oleh karena itu, SYL menegaskan berbagai tuduhan Panji akan terus melekat sepanjang hidupnya, meski istri dan anak SYL dengan penuh kesabaran, ketulusan, dan keikhlasan mengingatkan dan meyakinkan dirinya bahwa api keadilan tidak akan pernah padam bagi orang yang bekerja demi kebaikan orang banyak. 

"Untuk itulah, saya terus dan tidak boleh berhenti menantikan keadilan melalui penetapan Yang Mulia Majelis Hakim," ucapnya. 

Sebelumnya, SYL dituntut pidana penjara 12 tahun dan denda Rp 500 juta subsider pidana kurungan 6 bulan dalam kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementan pada rentang waktu 2020-2023. Selain itu, SYL dituntut membayar uang pengganti sebesar Rp 44,27 miliar dan ditambah 30 ribu dolar Amerika Serikat (AS), dikurangi dengan jumlah uang yang telah disita dan dirampas. 

BACA JUGA:SYL Ngaku Setor Uang ke Firli, Polda Metro akan Kroscek

BACA JUGA:Ditanya Tentang Cicilan Apartemen Nayunda, SYL: Saya Pengayom Orang Bugis

Jaksa juga menuntut agar SYL dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut. Dalam kasus tersebut, SYL menjadi terdakwa lantaran diduga melakukan pemerasan atau menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. 

Pemerasan dilakukan mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu bersama Sekretaris Jenderal Kementan periode 2021–2023 Kasdi Subagyono, serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Tahun 2023 Muhammad Hatta, yang juga menjadi terdakwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: