9 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kamera untuk Pemula, Ini Panduannya

9 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kamera untuk Pemula, Ini Panduannya

9 HAL yang harus dipertimbangkan saat memilih kamera untuk pemula.-Andre Furtado-Pexels

BACA JUGA:Perbandingan Kamera Leica Xiaomi 13T Vs Iphone 13, Ini Kelebihan dan Kekurangannya...

3. Mode Otomatis dan Manual

Sebagai pemula, mode otomatis sangat membantu untuk mulai memotret tanpa harus paham semua teknisnya. Tapi kalau Anda mau berkembang lebih jauh, kamera yang juga punya mode manual memberikan fleksibilitas untuk bereksperimen dengan pengaturan seperti kecepatan rana dan aperture. Ini membuka peluang untuk lebih kreatif dan belajar fotografi lebih dalam.

4. Lensa yang Bisa Diganti


9 HAL yang harus dipertimbangkan saat memilih kamera untuk pemula. Foto: beberapa jenis lensa kamera Canon.-Canon-

Pilihan lensa adalah salah satu kelebihan utama kamera DSLR dan mirrorless. Memiliki kemampuan untuk mengganti lensa, berarti Anda bisa menangkap berbagai jenis konten. Misalnya, gunakan lensa wide-angle untuk foto lansekap. Dan lensa telephoto untuk potret hewan di kejauhan. Ini adalah cara yang bagus untuk mengasah keterampilan fotografi Anda.

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Xiaomi 13T, Harga Rp 6 Jutaan Pakai Kamera Legendaris Leica

5. Stabilisasi Gambar

Fitur stabilisasi gambar akan membantu mengurangi blur yang biasanya muncul karena tangan goyang alias shaky hands. Beberapa kamera memiliki fitur ini built-in di bodinya. Sementara yang lain mengandalkan lensa dengan stabilisasi internal. Bagus banget, terutama kalau Anda mau belajar memotret tanpa tripod.

6. Ukuran dan Bobot

Ingat, kamera yang berat dan besar bisa jadi cukup merepotkan untuk dibawa jalan-jalan. Terutama bagi pemula, memilih kamera yang ringan dan compact bisa membuat pengalaman fotografi lebih menyenangkan dan tidak melelahkan.

7. Baterai Tahan Lama


9 HAL yang harus dipertimbangkan saat memilih kamera untuk pemula. Foto: baterai Canon.-Sentra Digital-

Cek juga daya tahan baterainya. Percaya deh, tidak seru kalau sedang hunting foto tiba-tiba baterai drop di tengah jalan. Kamera dengan daya tahan baterai yang baik memungkinkan Anda untuk mengambil lebih banyak foto tanpa khawatir harus sering-sering mengisi ulang.

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Xiaomi 13T dengan Kamera Leica, Smartphone untuk Fotografer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber