9 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kamera untuk Pemula, Ini Panduannya

9 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kamera untuk Pemula, Ini Panduannya

9 HAL yang harus dipertimbangkan saat memilih kamera untuk pemula.-Andre Furtado-Pexels

Sebagaimana namanya, lensa mirrorless tidak menggunakan cermin. Namun, gadget yang satu ini menggunakan sensor gambar digital untuk menyediakan gambar pratinjau di layar LCD atau viewfinder elektronik.

Karena tidak memerlukan ruang untuk cermin, kamera tipe ini umumnya lebih ringkas dan ringan daripada DSLR. Ideal banget buat Anda yang suka berpergian dan butuh kamera yang gampang dibawa ke mana-mana.

3. Kamera Saku (Compact)


9 HAL yang harus dipertimbangkan saat memilih kamera untuk pemula. Foto: beberapa jenis lensa kamera Canon. Foto: Kamera pocket Canon. -Canon-

Kamera saku atau kompak adalah perangkat kecil yang biasanya cukup mudah digunakan. Mereka dirancang untuk otomatisasi penuh dan lebih simpel dibawa kemana-mana. Namun, gambar yang dihasilkan mungkin tidak setajam DSLR atau mirrorless.

Tapi, untukpemula, kamera saku bisa jadi langkah pertama yang bagus untuk memahami dasar-dasar fotografi. Ada banyak merek yang bisa Anda dapatkan untuk beragam pilihan kamera. Seperti kamera Canon, Fuji, Sony hingga Nikon.

BACA JUGA:Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 13 Pro, Suguhkan Kamera 200 MP dengan OIS

BACA JUGA:Perbandingan iPhone 15 vs iPhone 14 dari Segi Kamera, Layar, dan Performa

Nah, jika sudah memahami jenis-jenis kamera dasar, berikut adalah beberapa fitur yang sebaiknya Anda perhatikan.


Panduan kamera terbaik untuk pemula--

1. Resolusi dan Sensor

Resolusi, yang diukur dalam megapiksel, penting untuk mendapatkan detail gambar yang baik. Makin tinggi megapikselnya, makin tajam kualitas gambarnya.

Tapi, jangan hanya terpaku pada angka megapiksel saja. Sensor kamera lebih penting. Sensor yang lebih besar akan membantu Anda menghasilkan gambar dengan kualitas lebih baik. Terutama di kondisi cahaya rendah. Jadi, selain berapa MP, periksa juga spesifikasi sensor ketika memilih kamera.

2. Konektivitas

Banyak kamera modern menawarkan konektivitas Wi-Fi atau bluetooth. Fitur ini membantu Anda mentransfer foto langsung ke ponsel atau cloud storage tanpa harus ribet, milsanya dengan mencabut kartu SD dan memindahkannya ke laptop atau komputer. Lumayan mempersingkat waktu kalau Anda suka update di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber