7 Tip dan Trik Lancar Menulis Novel untuk Pemula Agar Viral di Storytelling Platform

7 Tip dan Trik Lancar Menulis Novel untuk Pemula Agar Viral di Storytelling Platform

Ini dia tip dan trik lancar menulis cerita novel untuk pemula! Dijamin langsung menarik minat pembaca. --Pinterest

HARIAN DISWAY – Bagi sebagian orang, menulis merupakan aktivitas menyenangkan, termasuk menulis Novel. Apalagi jika tulisan itu terbaca banyak orang dan mendapatkan banyak feedback positif.

Terlebih saat ini begitu banyak storytelling platform yang memungkinkan orang untuk mengunggah karya-karya tulisan cerita dalam bentuk novel. Sebut saja Noveltoon, Wattpad, Storial.co, Joylada, Novelme, Dreame, dan lainnya.

Di web-web tersebut Anda bisa menulis sesuai dengan hobi, skill, dan mendapatkan panduan menulis yang baik. Selain itu Anda akan mendapat penghasilan dari setiap tulisan yang ter-publish

Namun menjadi penulis novel ataupn cerpen bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menulis sebuah cerita yang menarik minat para pembaca.

Berikut ini 7 tip dan trik lancar menulis novel untuk pemula yang bisa dipelajari:

1. Tentukan Genre dan Tema

Sebelum mulai menulis, Anda harus menentukan terlebih dahulu genre dan tema yang ingin diangkat dalam novel.

Dengan menentukan tema dan genre akan membantu Anda untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang alur cerita dan karakter yang akan ditulis.

2. Kembangkan Plot Agar Menarik

Plot adalah tulang punggung dari sebuah novel. Ketika akan menulis Anda bisa mengawalinya dengan merencanakan konflik utama, puncak cerita, dan penyelesaiannya.

Plot sangat penting dalam menulis sebuah novel, karena tanpa membuat plot di awal nantinya cerita akan menjadi tidak terstruktur.

BACA JUGA:Menulis sebagai Terapi: Kekuatan Journaling untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa

3. Buat Karakter yang Kompleks dan Memorable

Karakter adalah jiwa dari cerita. Maka buatlah karakter utama dan pendukung yang kuat dalam novel. Hal ini akan membantu cerita Anda selalu diingat oleh para pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: