Benarkah Susu UHT Akan Basi Jika Tidak Disimpan Di Dalam Pendingin? Berikut Penjelasannya

Benarkah Susu UHT Akan Basi Jika Tidak Disimpan Di Dalam Pendingin? Berikut Penjelasannya

Bolehkan susu UHT dikonsumsi dan disimpan tak dingin di suhu ruang--Freepik

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Belum lama ini netizen digemparkan oleh video TikTok yang menayangkan seorang wanita yang memprotes karyawan minimarket karena susu uht yang diberikan tidak dingin.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @mas_kace itu viral dan dikomentari banyak netizen Indonesia yang tentunya tidak terima dengan perbuatan itu.

"Susu itu harusnya dingin, saya ada order susu yang kecil itu dikasih dingin,’’ bentak wanita itu pada karyawan minimarket sambil memegang kemasan susu uht merk Ultra kemasan 1 liter.

Wanita itu meminta karyawan minimarket untuk mengembalikan uangnya lantaran susu yang diterima tidaklah dingin.

‘"Bisa tinggal didinginin dikulkasnya buk ibukk????’’ tulis salah satu akun berusaha memberikan solusi di kolom komentar.

"Sungguh kasihan ibu ini...mungkin beban hidupnya begitu berat," komentar netizen lain prihatin.

"PLS KOK GA ADA YANG LAWAN SIHHH, GEMES BGT," tulis netizen yang gregetan.

BACA JUGA:8 Tip Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Tidak Bau

Wanita tersebut belakangan diketahui khawatir akan kualitas produk Susu UHT yang dianggapnya akan basi jika tidak disimpan dalam keadaan dingin. Lantas benarkan susu UHT akan basi di suhu ruangan?

Dikutip dari BBC, umumnya susu memanglah produk yang tidak tahan lama sehingga perlu cara khusus dalam pembuatannya supaya menjadi lebih tahan lama.

Salah satu cara agar susu menjadi tahan lama yaitu dengan mengolahnya menggunakan suhu tinggi. Proses ini dikenal dengan Ultra Heat Treatment atau (UHT).  

Susu UHT merupakan susu yang diolah dengan panas tinggi lebih dari suhu pasteurisasi pada umumnya dan proses pengolahannya juga sangat singkat, cukup 3 detik saja.

BACA JUGA:Musim Panas Memang Paling Enak Minum Es Dawet, Ini Cara Membuatnya

Proses pengolahan dengan suhu tinggi berfungsi untuk mematikan populasi bakteri, kemudian dikemas dengan steril menggunakan wadah tertutup rapat untuk mencegah pembusukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.bbc.com/future/article/20170327-the-milk-that-lasts-forever