Polemik Usia Tua Presiden AS Joe Biden (2) : Popularitas Drop, Diminta Mundur oleh George Clooney

Polemik Usia Tua Presiden AS Joe Biden (2) : Popularitas Drop, Diminta Mundur oleh George Clooney

Polemik usia tua Joe Biden. JOE BIDEN berbicara pada debat calon presiden di Atlanta, Georgia, Juni 2024.-Andrew Caballero-Reynolds-AFP-

Di kancah perpolitikan Amerika Serikat, Joe Biden memang sangat kawakan. Tetapi, pemilu kali ini seperti menjadi senja yang bakal menyudahi karirnya. Ia sudah terlalu tua.

’’SAYA menyukai Joe Biden. Saya menganggapnya sebagai teman dan percaya padanya. Tetapi, satu-satunya pertarungan yang tidak bisa dimenangkan Biden adalah pertarungan melawan waktu.’’

Kalimat itu meluncur dari George Clooney, bintang Hollywood yang menjadi salah satu penggalang terkemuka Partai Demokrat.

Kalimat tersebut terasa cukup keras. Mengingat, Clooney adalah demokrat tulen. Aktor berumur 63 tahun itu bahkan menyebut diri sebagai ’’Demokrat Seumur Hidup.’’

Clooney punya alasan sangat kuat. Biden dinilai tampil buruk—atau tidak maksimal—saat debat calon presiden AS dengan Donald Trump, 28 Juni 2024. ’’Sungguh menyedihkan. Tapi, Joe Biden yang saya temui tiga minggu lalu di acara penggalangan dana bukanlah Joe Biden yang saya temui pada 2010,’’ ucapnya seperti dikutip Agence France-Presse, Rabu malam, 12 Juli 2024.

BACA JUGA : Polemik Usia Tua Presiden AS Joe Biden (1) : Keseleo Lidah, Kamala jadi Trump, Zelensky jadi Putin

Penggalangan dana itu adalah acara akbar yang menghadirkan banyak bintang. Termasuk mantan presiden Barack Obama. Bahkan, acara tersebut menghasilkan duit USD 28 juta atau lebih dari Rp 453 miliar. Mencetak rekor.

’’Biden di penggalangan dana itu adalah Biden yang sama seperti yang kita saksikan di debat,’’ kata Clooney. Itu membantah klaim Biden bahwa penampilan buruknya di debat hanya terjadi satu kali.

Karena itu, Clooney langsung minta Biden mundur. "Petinggi Partai Demokrat—Chuck Schumer, Hakeem Jeffries, Nancy Pelosi, serta para senator, perwakilan, dan kandidat lainnya yang terancam kalah pada November perlu minta Presiden untuk mundur secara sukarela,’’ katanya.

Biden akan berusia 82 tahun. Ia dilantik saat berumur 78 tahun. Jika terpilih, ia akan menjadi presiden tertua dalam sejarah Amerika Serikat.

’’Ini memang soal usia. Tidak lebih,’’ kata Clooney.


Polemik usia tua Joe Biden. GEORGE CLOONEY dipotret ketika menerima penghargaan dari Kennedy Center di Gedung Putih, 4 Desember 2022. Acara itu dihadiri Presiden Joe Biden.-Saul Loeb-AFP-

Pernyataan-pernyataan itu menyiratkan bahwa Clooney sudah satu kubu dengan para kritikus. Mereka menuding Partai Demokrat terlalu ragu-ragu untuk ’’menyingkirkan’’ Biden. Keraguan itu dinilai sama dengan kesetiaan Partai Republik kepada Donald Trump yang tak tergoyahkan.

Para kritikus itu mengatakan bahwa Partai Demokrat sebetulnya punya alasan kuat untuk tidak lagi memakai Biden. Sebab, kondisi kesehatan dan ingatan presiden sepuh itu sudah menimbulkan keraguan di mata publik.

Di debat perdana bulan lalu, Biden tampak pucat. Ia kerap terbata-bata. Sering berdiri mematung dengan tatapan kosong dalam waktu yang lama.

Biden juga sering lupa menyebutkan istilah tertentu. Bahkan sempat menyudutkan diri sendiri saat membahas soal Afghanistan.

BACA JUGA : Presiden AS Joe Biden Telepon Prabowo, Ucapkan Selamat Secara Langsung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: