Pemerintah Pangkas Anggaran Makan Siang Gratis dari Rp 450 Triliun Jadi Rp 71 Triliun

Pemerintah Pangkas Anggaran Makan Siang Gratis dari Rp 450 Triliun Jadi Rp 71 Triliun

Ilustrasi program makan siang gratis-Dok. Istimewa-

HARIAN DISWAY - Program makan siang gratis yang dicanangkan Prabowo Gibran mendapat pagu anggaran sebesar Rp 71 triliun di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Jumlah tersebut jauh lebih kecil daripada rencana awal yang disusun oleh Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran.

Semula, nominal yang disiapkan pada tahun pertama program ini dilaksanakan adalah sebesar Rp 450 triliun.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, program makan siang gratis akan dilaksanakan secara lebih ‘fleksibel’.

BACA JUGA:Butuh Dana Hingga 12 Triliun, Kemenag Siap Implementasikan Program Makan Siang Gratis di Sekolah dan Madrasah

BACA JUGA:Prabowo Tinjau Penerapan Makan Siang Gratis di Sekolah di Beijing

"Dalam RAPBN (anggaran makan bergizi) masih sama, namun nanti implementasi kan punya fleksibilitas," katanya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pada Selasa, 16 Juli 2024.

Airlangga mengatakan bahwa angka Rp 71 triliun didapat setelah melalui pertimbangan soal prioritas daerah dan beberapa indeks perekonomian.

"Salah satu daerah yang menjadi fokus adalah daerah tertinggal, terdepan, dan terluar," ujarnya.

Sebelumnya, program makan siang gratis akan memberikan bantuan sebesar Rp 15.000 per anak.

Namun, angka tersebut bisa saja dapat lebih rendah. Potensi penurunan ini disampaikan oleh Ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan.

BACA JUGA:Ingin Kurangi Angka Stunting, Prabowo Kembali Tekankan Urgensi Program Makan Siang dan Susu Gratis Bagi Anak Indonesia


Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung simulasi pelaksanaan program makan siang gratis oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang di SMPN 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Kamis 29 Februari 2024-Dok. Kemenko Perekonomian-

Heriyanto mengatakan bahwa kabar tersebut ia dapat setelah bertemu dengan Tim Sinkronisasi Prabowo-Gibran.

"Tugasnya presiden terpilih ke tim ekonominya itu memikirkan apakah biaya makanan per hari itu bisa enggak diturunin lebih hemat dari Rp 15.000 mungkin ke Rp 9.000, ke Rp 7.500 kah? kira kira begitu," katanya dalam acara Market Outlook 2024.

Sebagai tambahan informasi, jumlah yang direncanakan sebesar Rp 71 triliun tersebut hanya untuk tahun pertama pemerintahan Prabowo Gibran.


Momen Ketika Prabowo Berkunjung ke Program Makan Siang Gratis di Beijing- Prabowo Berkunjung ke Program Makan Siang Gratis di Beijing.-Instagram @prabowo-

Rencananya, pemberian makan gratis ini akan dilakukan secara bertahap.

BACA JUGA:Prabowo Antar Pulang PM Papua Nugini dan Bertukar Cinderamata

BACA JUGA:Prabowo Jadwalkan Kunjungan Ke Papua Nugini Pasca Dilantik, Lanjutkan Langkah Jokowi Pererat Hubungan Kedua Negara

Perlu diketahui juga, dana yang digelontorkan untuk program makan siang selama setahun hampir setara dengan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) selama 2 tahun.

Sementara IKN menyerap total anggaran sebesar Rp79,8 triliun sejak November 2022 hingga Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: