Peserta KDMI 2024 Bakal Lalui Tujuh Babak untuk Perebutkan 32 Besar

Peserta KDMI 2024 Bakal Lalui Tujuh Babak untuk Perebutkan 32 Besar

Salah satu peserta yang diberikan waktu untuk menyampaikan opininya di depan juri, Rabu 17 Juli 2024-Mohammad Nurwahyudi-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hari pertama Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) sudah berakhir pada Rabu, 19 Juli 2024. Para peserta dari 108 universitas se-Indonesia melewati tiga babak awal rangkaian lomba debat. Mereka tersebar di 28 ruangan Universitas Ciputra (UC).

Dalam satu ruangan itu ada empat tim dari universitas yang berbeda. Mereka berdebat disaksikan langsung oleh tim juri. Ada juri undangan dari lingkup pemerintahan dan juri magang yang dipersiapkan untuk menjadi juri tahun depan. 

BACA JUGA: 108 Kampus Ikut Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia di Universitas Ciputra

Lomba itu menggunakan sistem british parliamentary. Untuk menentukan lawannya pun, mereka menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan Kemenristek Dikti.

Setiap pendebat (debater) menjalankan peran yang dibagi menjadi dua bagian. Yaitu Faksi Pembuka (Opening Factions) dan Faksi Penutup (Closing Factions).

“Tadi sudah selesai tiga babak. Ada tujuh babak eliminasi yang akan dilakoni para peserta. Nantinya akan menyisakan 32 tim terbaik. Setelah itu, mereka akan kembali dipertemukan sampai nanti ditemukan pemenangnya,” katanya, Rabu 17 Juli 2024.

Ketua Panitia KDMI 2024 UC Stephanie Kaori Widodo mengatakan, semua peserta akan mengikuti tujuh babak tersebut. Tetapi, lawannya akan terus diacak. Tidak akan pernah sama di setiap babak. Begitu pula materinya.

BACA JUGA: Tim Dosen Universitas Ciputra Rilis Buku Penguatan Identitas Kya-Kya di Surabaya

“Di tujuh babak itu ada penilaiannya. Jadi, di situ akan dinilai dan akan ketahuan peringkat mereka berdasarkan nilai tersebut. Nanti, di hari ketiga setelah ini baru penentuan 32 besarnya. Baru setelah itu dijaring lagi untuk mendapatkan delapan besar sampai final nanti,” ucapnya.

Mahasiswa Teknik Sipil UC itu menceritakan, semua peserta yang bertanding saat ini adalah pemenang di setiap daerah mereka. “Sebenarnya, sudah dari Juni mereka bertanding. Dijaring di setiap daerah untuk selanjutnya mewakili daerah mereka bertanding tingkat nasional di sini,” ucapnya.

Mereka dibagi menjadi tiga wilayah di Indonesia. Wilayah satu meliputi pulau Sumatera, dan Kalimantan. Wilayah kedua pulau Jawa kecuali Jawa Timur. Terakhir wilayah tiga adalah Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Sulawesi dan Papua.

Hari kedua pada hari ini akan dipertandingkan tiga babak lagi. "Pastinya makin seru,” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: