Menhub Bakal Temui Presiden, Bahas Kendala Pembangunan di IKN Jelang HUT Ke-79 RI

Menhub Bakal Temui Presiden, Bahas Kendala Pembangunan di IKN Jelang HUT Ke-79 RI

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ingatkan masyarakat untuk cek bus pariwisata yang ditumbanginya layak beroperasi. -Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan dirinya bakal bertemu Jokowi pada Kamis, 25 Juli 2024 mendatang.

Pertemuan ini rencananya akan membahas soal kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk penyelenggaraan HUT RI ke-79 bulan depan.

"Sedikit saya sampaikan bahwa nanti hari Kamis kami akan diundang rapat oleh bapak Presiden, tentu kami berusaha untuk sesuai dengan rencana untuk 17 Agustus," ujar Budi Karya Sumadi kepada wartawan di Kota Tua, pada Minggu, 21 Juli 2024.

Pelaksanaan HUT RI  di IKN ditengarai akan menemui beberapa kendala. Antara lain pembangunan beberapa fasiltias yang terhambat akiabat kondisi cuaca yang terus menerus hujan.


Progres pembangunan IKN terkendala cuaca.--Humas Otorita IKN

BACA JUGA:Pembangunan IKN Terkendala Cuaca, Kemenhub Usir Hujan dengan Empat Pesawat TMC

"Tetapi memang harus diakui bahwa hari-hari di sana (IKN) itu hujan terus, bulan lalu itu, 1 bulan ada 8 hari saja yang bisa beroperasi. Sekarang ini, kami sudah mengerahkan 4 pesawat untuk TMC (teknologi modifikasi cuaca) pengkondisian udara,” katanya.

Walaupun berbagai upaya sudah dilakukan, namun hujan tidak kunjung mereda di wilayah IKN. "Tetapi masih hujan juga. Kami tetap berusaha, hari-hari kami akan evaluasi," ucapnya.

Mengenai hal ini, Jokowi sebelumnya pernah berkomentar bahwa kendala pembangunan di IKN adalah soal biasa.

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke-79, Satgas Infrastruktur IKN Pastikan Kesiapan Akses Jalan dan Air Bersih

"Kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi kan lihat ke IKN, tiap hari hujan terus, hujan deres banget jadi memang pekerjaan banyak yang mundur, dan itu biasa dalam proyek besar," kata Jokowi kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta,

Jokowi juga menambahkan kalau IKN tidak selesai 100 persen pada saat digunakan untuk HUT RI tahun ini.

"IKN itu kan bukan dibangun 2 tahun, 3 tahun, ini sebuah mimpi besar jangka panjang, proyek jangka panjang. Mungkin 15 sampai 20 tahun. Jadi jangan membayangkan kita upacara 17 Agustus itu sudah jadi semuanya," imbuhnya.


Persiapan akhir menuju upacara HUT RI ke 79 di IKN-Humas OIKN-

BACA JUGA:Persiapan HUT RI di IKN, Sekda: Tidak Semua Warga Kaltim Bisa Hadir Langsung

Menurutnya, progres pembangunan IKN saat HUT RI adalah 15 persen. Sisanya masih memerlukan suntikan investasi, di samping gedung-gedung pemerintahan yang sudah dibangun menggunakan APBN.

"Paling nanti 17 Agustus itu paling dihitung semuanya secara keseluruhan mungkin ya 15%. Ini masih memerlukan investasi, masih memerlukan investor dari dalam maupun luar," ucapnya.(*)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: