Pelatih DBL All-Star Raih Pengalaman Berharga Ikuti Tes Lisensi NCAA di Chicago

Pelatih DBL All-Star Raih Pengalaman Berharga Ikuti Tes Lisensi NCAA di Chicago

Risdianto Roeslan merupakan pelatih dari SMA Olifant Yogyakarta. Di tangannya Olifant berhasil mengukir cerita manis selama dua musim berlaga di DBL Yogyakarta.-DBL-

CHICAGO, HARIAN DISWAY - Dua pelatih tim putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024, Risdianto Roeslan dan Bisma Sabda Imanissi, mendapatkan pengalaman baru yang berharga saat mengikuti tes lisensi kepelatihan dengan standar National Collegiate Athletic Association (NCAA) di CHICAGO.

Lisensi ini wajib mereka dapatkan karena tim asuhannya mengikuti Nike Tournament of Champions, turnamen basket junior perempuan terbesar yang berlisensi NCAA.

"Untuk mendapatkan lisensi NCAA itu kita harus mendapatkan lisensi dari Perbasi Amerika Serikat dulu. Materinya itu beragam mulai dari bagaimana cara kita sebagai melatih bisa punya dampak bagus ke anak-anak, membuat latihan yang nyaman, sampai hal-hal filosofis lainnya," cerita coach Risdianto dilansir dari DBL.id (Disway National Network)..

Coach Risdianto dan coach Bisma mengikuti kursus secara online dan lulus ujian. "Setiap sesi itu ada post test. Nah, sebelumnya itu kita melihat video gitu. Seperti brainstorming jatuhnya. Kita dikasih sudut pandang lain dari apa yang kita dapat. Seru," ceritanya.

BACA JUGA:DBL All-Star Indonesia Hadapi Pertandingan Ketat Lawan Colorado dan Texas

BACA JUGA:Persiapan ke Amerika: Skuad Putra DBL All-Star 2024 Ikuti Pemusatan Latihan Kedua di Jakarta

Mereka merasa kagum karena selama mengikuti kursus tersebut mereka lebih banyak mendapat wawasan baru di luar basket.

"Sebenarnya hal-hal sederhana seperti kenapa kita harus punya dampak untuk anak-anak itu yang paling penting. Gak semua tahu dan gak semua mengerti," terangnya.

"Di tes itu gak ada basketnya sama sekali. Kami gak ditanya bagaimana shooting atau teknik basket lainnya," sambung coach Risdi.

Semua pelatih dan atlet yang dimainkan di Tournament of Champions harus terdaftar dalam sistem NCAA Basketball Certification System (BCCS).

"NCAA memang punya standart tinggi untuk menjaga kualitas partisipan dan game-game yang berada di bawah lisensi mereka," kata coach Risdianto.

Bagi skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024, mengikuti Tournament of Champions merupakan kesempatan berharga untuk mendapatkan pengalaman baru dan membuka peluang kuliah di Amerika Serikat dengan bermain basket di level NCAA.

DBL Indonesia memilih Chicago sebagai tempat belajar, berlatih, dan bertanding bagi skuad elitenya selama dua tahun terakhir.

BACA JUGA:Efek Jacob Rumbino Sang MVP DBL Papua: SMA YPK 2 Biak Diserbu Pendaftar, Sampai Tambah Kelas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dbl