Moeldoko Tegaskan Bahwa Jokowi Siap Berkantor di IKN: Kita Tunggu

Moeldoko Tegaskan Bahwa Jokowi Siap Berkantor di IKN: Kita Tunggu

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan presiden terpilih Prabowo Subianto berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).-Disway.id-

HARIAN DISWAY - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko, mengatakan bahwa Jokowi siap berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Presiden sudah menyampaikan sepanjang seluruh infrastruktur sudah oke, beliau akan berkantor di sana, gitu. Kita tunggu," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin, 22 Juli 2024.

Moeldoko juga menambahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, sudah memberikan ‘sinyal’ terkait kesiapan infrastruktur di IKN.

BACA JUGA:Menhub Bakal Temui Presiden, Bahas Kendala Pembangunan di IKN Jelang HUT Ke-79 RI


Pemasangan bilah terkahir di sayap Garuda pada Kantor Presiden di IKN-Dok. Kementerian PUPR-

"Dan Pak Bas sudah memberikan sinyal atas kesiapannya," ujarnya.

Terlepas dari kapan kepindahan Jokowi ke IKN, purnawirawan TNI AD itu tetap memastikan HUT RI ke-79 akan tetap digelar di IKN.

"Upacara 17 Agustus akan dijalankan di IKN. Nanti Pak Presiden Jokowi akan didampingi oleh Bapak Presiden terpilih, berikutnya di Istana Negara ini akan dipimpin oleh Bapak Wapres dan Wapres terpilih. Itu 17 Agustus. Tetap belum ada perubahan sampai saat ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke-79, Satgas Infrastruktur IKN Pastikan Kesiapan Akses Jalan dan Air Bersih


Intake bendungan Sepaku Semoi akan menyuplai air bersih ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN-OIKN-
Sebelumnya, Jokowi menyatakan siap untuk pindah ke IKN pada Juli. Namun, belum siapnya infrastruktur membuat kepindahan Jokowi tertunda.

BACA JUGA:Pembangunan IKN Terkendala Cuaca, Kemenhub Usir Hujan dengan Empat Pesawat TMC

"Ya melihat itu tadi, kesiapan itu tadi. Walaupun siap, kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi coba lihat ke IKN, tiap hari hujan terus, hujan deras banget. Jadi memang pekerjaan banyak yang mundur, dan itu biasa dalam proyek besar," kata Jokowi kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2024.

Kondisi hujan yang terus mengguyur wilayah IKN menjadi masalah utama yang menghambat pembangunan IKN. Untuk mengatasi soal ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut andil dengan mengerahkan 4 pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Hasilnya masih sama, hujan belum kunjung mereda. Namun, Kemenhub mengatakan pihaknya terus berusaha dan melakukan evaluasi tiap harinya untuk mengatasi persoalan ini. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: