40 Tahun Pertamina Patra Niaga Indonesia Pasok Energi ke Timor Leste

40 Tahun Pertamina Patra Niaga Indonesia Pasok Energi ke Timor Leste

Selama 40 tahun, Indonesia melalui anak usaha Pertamina Patra Niaga yaitu Pertamina International Timor S.A (PITSA), telah memasok kebutuhan energi untuk Timor Leste-Dok. Pertamina Patra Niaga-

HARIAN DISWAY - Indonesia telah memasok kebutuhan energi untuk Timor Leste selama 40 tahun melalui Pertamina International Timor S.A (PITSA), 

PITSA merupakan salah satu dari sembilan anak usaha PT Pertamina Patra Niaga.

Komisaris utama Pertamina Patra Niaga, Ego Syahrial mengatakan, pertamina telah melayani kebutuhan energi untuk Timor Leste sejak Terminal BBM Dili dibangun tahun 1984. 

BACA JUGA:Yang Membidik Beasiswa APERTI BUMN 2024, Inilah Persyaratan dan Rentang Waktunya, Buruan Mendaftar!

PITSA hadir untuk menjamin ketersediaan energi di wilayah Timor Leste dengan melayani kebutuhan BBM untuk kendaraan serta pesawat udara, LPG, pelumas dan petrokimia.

PITSA resmi beroperasi menjadi badan usaha lokal Timor Leste pada tahun 2015 dan saat ini. Komposisi kepemilikan sahamnya terdiri dari 50% PT Pertamina Patra Niaga, 45% PT Pertamina Retail, dan 5% mitra lokal Timor Leste 4-Concorcio Timor Progresso (4-CTP).

BACA JUGA:Ini Jenis Bahan Bakar Minyak Yang Akan Diluncurkan Pertamina September mendatang

Ego juga menuturkan, saat ini PITSA mengoperasikan terminal BBM di Dili, SPBU di Bebora, SPBU di Becora, SPBU Metiaut, Airport Depot & Into Plane Service (ADIPS) Comoro, dan Stasiun Bulk Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Tibar. 


PITSA, anak usaha Pertamina Patra Niaga telah menyalurkan energi dari Indonesia ke Timor Leste selama 40 tahun. (Dok. Pertamina Patra Niaga)-bumn-bumn.go.id

“Untuk rata rata penyaluran BBM Pertamina di Timor Leste mencapai 5.854 Kiloliter (KL) perbulan. Sedangkan Lpg mencapai 28 Metric Ton (MT) per bulan, dan penyaluran untuk pasokan Avtur sebesar 140 KL per bulan. Sementara untuk produk pelumas, penyaluran mencapai 11 KL per bulan,” kata Ego dalam keterangan resmi, Senin, 22 Juli 2024.

BACA JUGA:Kinerja 2023: Operasional Pertamina Tumbuh di Segala Lini Bisnis

Dengan titik suplai dari unit Pertamina Patra Niaga di Indonesia seperti Surabaya, Kupang, hingga trading arm di Singapura, yakni Pertamina International marketing & Distribution (PIMD) Pte. Ltd.

Pertamina menjamin keberlangsungan operasional serta aspek keselamatan kerja PITSA, jajaran Dewan komisaris Pertamina Patra Niaga melakukan management walkthrough ke unit operasi PITSA yang beroperasi di wilayah Dili, Timor Leste dalam rangka menjamin keberlangsungan operasional serta aspek keselamatan kerja di PITSA.

“Setelah melakukan evaluasi, Dewan Komisaris mengapresiasi pencapaian kinerja semester 1 Tahun 2024. Dengan kinerja yang baik ini, PITSA diharapkan dapat menjadi prototipe anak perusahaan Pertamina Patra Niaga dan dapat terus meningkatkan penjualan dan mengembangkan pasar di Timor Leste,” ucap Ego. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: