Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sangat Riang Seleksi di Lumajang

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sangat Riang Seleksi di Lumajang

Potensi desa wisata di Lumajang sedang disidak tim juri Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 wilayah Lumajang.-Binmas Polres Lumajang-

HARIAN DISWAY – Ini kabar yang menggembirakan. Tim penjurian Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW II) 2024 wilayah Kabupaten Lumajang berlangsung ceria gembira. Warga dan pemerintah desa sangat antusias dan mendukung atas pelaksanaan penilaian lomba  APJW II. Termasuk tiga pilarnya, Bhabinkamtibmas, babinsa, dan kepala desa/kelurahan.

Itu dikatakan oleh Kasatbinmas AKP Ari Hartono yang menjadi ketua tim seleksi lapangan untuk ajang tingkat provinsi. Selain Ari, anggota tim juri seleksi lapangan juga melibatkan Pasiter Kodim 0821/Lumajang Kapten (Inf) Yudhi Rosdewanto dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Lumajang Ir Paiman.

Tiga anggota tim ini sangat tangguh dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan oleh pimpinan masing-masing. Yaitu forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) yaitu Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik, Dandim Lumajang Letkol (Inf) Ronny Wijaya Koesuma, dan Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni.


Inovasi desa di Lumajang sedang disidak tim seleksi Anugerah Patriot Jawi II 2024 wilayah Kabupaten Lumajang.-Binmas Polres Lumajang-

Kendati jarak antar desa tidak dekat dan tapi tim penilai antuasias dalam melakukan penilaian karena dapat menemukan inovasi-inovasi kreatif yang ada di desa. Termasuk tidak ada kesulitan untuk penilaian berdasar aspek yang diminta.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sambang Desa dan Penjurian di Kabupaten Blitar

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Mental Juara, Gresik Kirim Para Juara

Ada tujuh aspek penilaian yaitu Pembinaan territorial aparat komando kewilayanan (pertahanan), Harkamtibmas, Pembangunan dan Pelayanan Publik, Sinergitas antar lembaga, partisipasi masyarakat, komunikasi publik dan pemanfaatan media, dan implementasi program nasional/provinsi. “Kami sedang bisa mengecek sekaligus sambang warga dan berdialog selama penjurian,” terang Ari Hartono.

Diakui, tim seleksi Lumajang tinggal mendampingi dan melengkapi data pendukung untuk lima desa/kelurahan yang sudah terpilih mewakili Lumajang. Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan dari Kabupaten Lumajang ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. 

Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur. Seleksi tingkat provinsi yang akah memilah dan memilih lagi.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ngawi Pilah Desa yang Dipilih

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tanpa Kesulitan, Jember Tentukan 5 Desa/Kelurahan Terbaik

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: