Berikan Kontribusi Positif Untuk Indonesia, Jasa Marga Setor Rp192 Miliar Dividen Tahun Buku 2023 Untuk Negara

Berikan Kontribusi Positif Untuk Indonesia, Jasa Marga Setor Rp192 Miliar Dividen Tahun Buku 2023 Untuk Negara

ilustrasi jalan Tol yang dikelola jasamarga -jasamarga-jasamarga

HARIAN DISWAY - PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai holding BUMN Infrastruktur di Indonesia mencatatkan setoran dividen sebesar Rp192 miliar kepada negara dari laba tahun buku 2023.

Kontribusi ini merupakan bagian dari dividen total Rp274,8 miliar yang dibagikan kepada para pemegang saham, sesuai dengan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 8 Mei 2024.

BACA JUGA:Jasamarga Manado Bitung Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menyatakan bahwa dividen ini mencerminkan performa keuangan positif perusahaan. Pada tahun 2023, Jasa Marga mencatatkan pendapatan inti (core profit) sebesar Rp2,7 triliun dan laba bersih Rp6,8 triliun, yang mana Rp4,1 triliun berasal dari aksi korporasi.

BACA JUGA:RS BUMN IHC Siapkan Layanan Medis di World Water Forum di Bali

"Sebagai pemegang 70 persen saham Jasa Marga, pemerintah mendapatkan dividen sebesar Rp192,4 miliar, sementara pemegang saham publik sebesar 30% memperoleh total dividen Rp82,4 miliar. Pembagian dividen ini dilaksanakan pada 7 Juni 2024," jelas Lisye.

BACA JUGA:Jurus Erick Thohir: Siapkan BUMN Hadapi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Jasa Marga terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di industri jalan tol Indonesia dengan total panjang jalan tol yang beroperasi mencapai 1.264 km, mencakup 47 persen dari seluruh jalan tol di Indonesia. Perusahaan juga menambah konsesi jalan tol baru, termasuk Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 km.

Pada tahun 2023, Jasa Marga mencatat peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebesar 5,3 persen, mencapai 3,5 juta kendaraan per hari. Beberapa proyek jalan tol baru sedang dalam pembangunan, seperti Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, Yogyakarta-Bawen, dan Jakarta-Cikampek II Selatan.

BACA JUGA:Pertamina Gelar Safari Ramadan BUMN 2024 di Kabupaten OKI

Inovasi teknologi juga menjadi fokus Jasa Marga dalam meningkatkan pelayanan, dengan pengembangan Intelligent Transport System (ITS) dan aplikasi Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) serta Jasa Marga Integrated Maintenance Management System (JIMMS).

Selain itu, Jasa Marga menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui konsep Creating Shared Value (CSV), termasuk program Kampoeng UMKM di rest area, Jasa Marga Medical Keliling (Jamedlink), dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Jasa Marga berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan masyarakat, sambil menjaga prinsip Governance, Risk, and Compliance (GRC) dalam setiap lini bisnisnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: press release pt jasa marga (persero) tbk