Persiapan HUT RI di IKN: Pemerintah Kerahkan 3.840 Personel, Adakan Malam Zikir Bersama Untuk Kelancaran

Persiapan HUT RI di IKN: Pemerintah Kerahkan 3.840 Personel, Adakan Malam Zikir Bersama Untuk Kelancaran

Progres pembangunan IKN terkendala cuaca.--Humas Otorita IKN

HARIAN DISWAY - Peringatan HUT RI ke-79 tinggal menghitung hari. Tahun ini, untuk pertama kalinya upacara bendera akan dilakukan di 2 tempat berbeda, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Negara.

Berbagai persiapan pun kini dilakukan. Misalnya, mulai Sabtu, 10 Agustus 2024, sejumlah alutsista dan personel akan dikirimkan dari Jakarta ke Kalimantan Timurm Pengiriman akan dilakukan melalui jalur laut dan udara.

Total sebanyak 3.840 personel dari Kodam VI Mulawarman, Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim, Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan, Pangkalan TNI AU (Lanud) Dhomber dan unsur Pemerintah Daerah Kaltim lainnya diterjunkan untuk mengamankan acara tersebut.


Pemasangan bilah terkahir di sayap Garuda pada Kantor Presiden di IKN-Dok. Kementerian PUPR-

BACA JUGA:Jokowi Tak Ingin Terburu-buru Pindah ke IKN: Kualitas Fasilitas Harus Terjamin

Jumlah tersebut belum termasuk pasukan cadangan sebanyak 750 personel.

Nantinya, mereka bertugas untuk melakukan operasi pengamanan wilayah serta pengawalan tamu undangan yang berjumlah total 1.231 orang.

Hal ini disampaikan oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI,Tri Budi Utomo, dalam Rapat Koordinasi Penyiapan Pelaksanaan Pengamanan Wilayah yang digelar di Aula Makodam VI Mulawarman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis, 25 Juli 2024.

Rapat ini digelar guna memantapkan pemahaman tugas masing-masing sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Selain itu juga sebagai pedoman para Dansubsatgas dalam melaksanakan tugas pengamanan terhadap rangkaian HUT RI," ucap Tri Budi.

BACA JUGA:Jokowi Bakal Ngantor 2 Hari di IKN, Setpres Siapkan Meja-Kursi Di Kantor Baru


Persiapan akhir menuju upacara HUT RI ke 79 di IKN-Humas OIKN-

Selain persiapan soal pengamanan, doa dan zikir juga akan digelar sebelum pelaksanaan upacara HUT RI di IKN.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

BACA JUGA:Garuda Indonesia Teken Kerjasama Dengan OIKN, Perbanyak Penerbangan ke IKN Pada Periode HUT RI ke 79 Agustus Mendatang

“Zikir di Jakarta. Tapi nanti ada istilahnya doa di IKN juga bapak presiden akan di sana,” kata Heru ketika ditemui  di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 24 Juli 2024.

Soal rangkaian HUT RI, Heru melanjutkan, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, dan menteri terkait akan menggelar jumpa pers  pada Rabu, 31 Juli 2024.(*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: