Prabowo Bahas Penguatan Kerjasama Multi Bidang Bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow

Prabowo Bahas Penguatan Kerjasama Multi Bidang Bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow

Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow-Kemhan RI-

MOSKOW, HARIAN DISWAY - Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Indonesia Terpilih Prabowo Subianto bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin membahas sejumlah penguatan kerjasama kedua negara. Bidang kerjasama kedua negara ini meliputi pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan, pertahanan, dan energi nuklir.

Prabowo bertemu Putin di Moskow, Rusia pada Rabu 31 Juli 2024 waktu setempat untuk mewakilkan Presiden Joko Widodo.

“Penekanan utama saya pada bagian ketahanan pangan, keamanan energi, dan pendidikan,” ujar Prabowo.

BACA JUGA:Presiden Serbia: Prabowo akan Jadikan Indonesia Lebih Maju dan Sejahtera

Pada bidang energi nuklir, Prabowo sedang mendalami dan berdiskusi terkait adanya potensi kerjasama dengan Rusia. 

Sedangkan di sektor pariwisata, Prabowo mengungkapkan dukungannya atas beberapa langkah yang Rusia ambil. Rusia telah merencanakan pembentukan Konsulat Jenderal Rusia di Bali.

Menteri Pertahanan tersebut juga memberikan undangan kepada Putin untuk menghadiri pameran pertahanan yang akan digelar pada November 2024 mendatang di Indonesia.

BACA JUGA:Prabowo Temui Presiden Serbia Perkuat Persahabatan Kedua Negara

Kunjungan Prabowo ke Rusia ini menjadi kali pertamanya langsung disambut oleh PresIden Rusia, Vladimir Putin. Sebelumnya, Prabowo telah tiga kali mengunjungi Rusia, namun baru kunjungan keempatnya ini disambung langsung oleh Putin.

“Saya telah ke Moskow dalam empat tahun terakhir sebanyak empat kali, ini adalah kunjungan keempat saya. Tetapi kali pertama saya diterima oleh Yang Mulia,” tutur Prabowo dalam siaran langsung pertemuannya dengan Putin.

Prabowo juga sempat menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk Putin. Ia juga telah melaporkan pertemuannya dengan Putin kepada Jokowi.

BACA JUGA:Prabowo Bertemu Erdoğan: Kami Bertekad Tingkatkan Kemitraan Strategis

“Saya menyampaikan salam hormat dari Presiden saya Joko Widodo, saya lapor kepadanya bahwa Anda akan menerima saya,” ucapnya.

Selain membicarakan potensi kerjasama Indonesia dan Rusia ke depan, Prabowo juga sempat memberikan ucapan selamat kepada Putin. Pada tahun ini, Putin terpilih kembali menjadi Presiden Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis pers