Infrastruktur IKN untuk Upacara 17 Agustus Sudah Siap kecuali Bandara

Infrastruktur IKN untuk Upacara 17 Agustus Sudah Siap kecuali Bandara

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat konferensi pers terkait kesiapan infrastruktur IKN jelang upacara kemerdekaan di Gedung Utama, Kemensetneg, Kamis, 1 Agustus 2024.-YouTube Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa berbagai sarana dan prasarana di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah siap dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Persiapan ini mencakup aksesibilitas, infrastruktur, fasilitas umum, dan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pejabat pemerintahan.

Konektivitas dan Aksesibilitas

"Akses ke IKN dapat dicapai melalui dua jalur utama dari Balikpapan," katanya dalam konferensi pers di Gedung Utama, Kemensetneg, Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2024.

Jalur pertama melalui jalan tol Balikpapan-Samarinda dengan exit tol kilometer 11, kemudian melalui jembatan Pulau Balang menuju IKN melalui jalan nasional. Jalur ini memiliki panjang sekitar 88 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 90 menit.

Jalur kedua melalui jalan tol Balikpapan-Samarinda dengan exit tol kilometer 38, lalu melanjutkan perjalanan melalui jalan nasional Samboca dengan waktu tempuh sekitar 150 menit.

"Tapi, saat ini, bandara di IKN belum sepenuhnya siap," terangnya. Total panjang landasan 2.000 meter. Masih kurang 300 meter lagi yang belum dikerjakan karena kondisi cuaca yang sering hujan.


Lapisan aspal pertama Landasan Pacu Bandara IKN akan memungkinkan untuk didarati pesawat berbadan kecil (narrow body)-Kemenhub-

Hingga 14 Agustus nanti, kata Basuki, bandara tersebut belum dapat didarati oleh pesawat. Melainkan hanya bisa digunakan oleh helikopter. Oleh karena itu, akses utama ke IKN masih melalui jalan tol.

Di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), sebagian besar jalan sudah diaspal 100 persen. Jalan di sumbu barat dan timur sepanjang 7 kilometer sudah dapat dilalui oleh para tamu.

Selain itu, operasi Autonomous Rail Transit (ART) yang dioperasikan oleh Kementerian Perhubungan juga sudah siap digunakan.

Infrastruktur Utama

1. Istana Negara

Lapangan upacara serta podium di Istana Negara sudah dapat digunakan untuk upacara 17 Agustus. Persiapan yang sedang dilakukan mencakup penataan meja, pemasangan lukisan, lampu, dan berbagai perlengkapan lainnya. "Dan diharapkan semua persiapan ini dapat selesai sebelum tanggal 17 Agustus," ujar Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: