Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Tiga Desa dari Kabupaten Madiun Miliki UMKM Menarik

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Tiga Desa dari Kabupaten Madiun Miliki UMKM Menarik

Bersih Desa Sumberbening--

HARIAN DISWAY - Mencari tiga desa terbaik dari setiap kabupaten/kota untuk ajang Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 masih berlangsung. Saat ini, tim sedang melakukan seleksi terhadap lima desa/kelurahan dari masing-masing kabupaten/kota di Jawa Timur, salah satunya adalah Kabupaten Madiun. Dalam seleksi yang dilakukan pada Sabtu, 3 Agustus 2024. Inilah tiga desa yang berhasil lolos dari Kabupaten Madiun.

Desa Sumberbening, Kecamatan Balerejo adalah salah satu perwakilan Kabupaten Madiun yang lolos pada tahap seleksi ini. Jajaran tiga pilar desa ini meliputi Basuki sebagai kepala desa, Serda Eko Mei Nugroho sebagai babinsa, dan Bhabinkamtibmas Bripka Iwan Hertanto. ketiganya membangun kekompakan.


Kesenian Topeng Dongkrek di Desa Sumberbening--

Sumberbening memiliki program rutin yang dilakukan yakni bersih desa yang tidak mengesampingkan nilai-nilai budaya di sekitarnya. Seperti masih adanya seni karawitan, reog, dan juga tari dongkrek yang khas dari Madiun.

Tidak hanya itu, namun desa ini juga memberdayakan warganya dengan adanya produksi telur asin dan umkm lainnya. Kepedulian kepada generasi penerusnya juga diperhatikan, seperti adanya sosialisasi pencegahan bullying di sekolah dasar.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II: Tiga Desa/Kelurahan Terbaik dari Kabupaten Bojonegoro

Desa Krandengan, Kecamatan Kebonsari, menyusul kemenangannya karena menjadi desa kedua yang lolos dalam seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024. Desa ini dipimpin Hariyanto sebagai kepala desa, Babinsa Serda Handoko, serta Babhinkamtibmas Aipda  Eko Adi Saputro. 

Krandengan juga sangat memakmuran masyarakatnya dengan adanya UMKM Bertaman Kelompok Tani Hortikultura. Mereka juga memiliki produksi tempe yang sudah cukup terkenal. Juga selei melon yyang diolah oleh warga desa.

Tidak ada limbah. Karena sisa limbah daun digunakan sebagai pupuk organik agar mengurangi penggunaan pupuk kimia.


Produksi tempe di Desa Krandengan--

Desa Bacem, Kecamatan Kebonsari, menjadi desa terakhir yang lolos dalam seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Madiun. Desa ini dipimpin Kepala Desa Muslikh dan dibantu dua pilar lainnya, Babinsa Sertu Muhamad Nur dan Babhinkamtibmas Aiptu Hariyanto.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa Lolos Seleksi dari Kabupaten Magetan

Bacem juga memiliki sebuah UMKM yang memproduksi kerupuk dari beras. Selain itu, warganya juga memiliki usaha lampu dinding yang mempekerjakan tetangga sekitarnya. Kerukunan antarwarga juga terjalin erat. Hal ini terlihat dari kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama masyarakatnya yang terlihat ramai.


Usaha kerupuk beras atau lempeng beras di Desa Bacem--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: