240 Pelaku UMKM Kenalkan Produknya dalam PON Expo XXI Aceh Sumur 2024

240 Pelaku UMKM Kenalkan Produknya dalam PON Expo XXI Aceh Sumur 2024

Ada 240 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut berpartisipasi dalam PON Expo XXI Aceh-Sumut 2024. --Puspen Kemendagri

BANDA ACEH, HARIAN DISWAY - Pekan Olahraga Nasional (PON) Expo XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, menjadi momentum penting bagi sektor UMKM Aceh untuk makin dikenal.

Hal itu ditegaskan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Azwardi yang mengatakan bahwa PON Expo XXI 2024 Aceh-Sumut merupakan bagian dari upaya strategis untuk memajukan sektor UMKM Aceh. 

Bayangkan, ada 240 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut berpartisipasi dalam PON Expo XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung selama 9 hari terhitung sejak 10 hingga 18 September 2024.

BACA JUGA: Konsumsi Atlet PON XXI Dianggap Tak Layak, Menpora: Makanan dari Hotel, Nasi Kotak untuk Panitia

Selama itu, perhelatan tersebut memberikan kesempatan berbagai produk lokal khas Aceh seperti aneka kuliner, kerajinan songkok, hingga anyaman bambu makin dikenal masyarakat luas.

"PON Expo XXI 2024 Aceh-Sumut ini adalah bagian dari upaya strategis untuk memajukan sektor UMKM Aceh. Kami ingin memastikan produk-produk lokal mendapatkan eksposur dan apresiasi yang lebih luas," katanya.

Hal itu menjadi bagian dari sambutan Azwardi saat membuka PON Expo XXI Aceh-Sumut 2024 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, pada Selasa, 10 September 2024.

BACA JUGA: Menpora Minta Maaf Atas Infrastruktur PON Ke-21 Aceh-Sumut Yang Dianggap Tidak Memadai

Azwardi menambahkan, Pemerintah Aceh telah merumuskan berbagai kebijakan untuk mendukung para pelaku UMKM. Ini termasuk dalam hal akses pembiayaan, peningkatan kapasitas keterampilan, promosi, dan pemasaran produk.

"Kami menciptakan iklim usaha yang kondusif dan menyediakan sarana promosi seperti expo ini, sehingga UMKM dapat tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan," tambahnya. Selanjutnya, Azwardi menekankan pentingnya empat pilar kesuksesan PON XXI.

Yaitu yang meliputi sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan ekonomi kerakyatan. Gelaran PON diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk UMKM karena pengunjung dapat membeli langsung dari produsen.

BACA JUGA: Pj Bupati Pasuruan Terbang ke Aceh, Beri Dukungan 17 Atlet Kabupaten Pasuruan yang Wakili Jatim di PON XXI

"PON ini harus dimanfaatkan sebagai peluang besar untuk menggerakkan perekonomian Aceh, terutama di sektor UMKM yang memainkan peran strategis dalam perekonomian lokal maupun makro," jelasnya.
Pekan Olahraga Nasional (PON) Expo XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, menjadi momentum penting bagi sektor UMKM Aceh untuk makin dikenal. --Puspen Kemendagri

Azwardi mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk turut serta mendukung PON XXI dan meramaikan PON Expo. Dirinya menjelaskan, kegiatan ini mampu menjadi ajang yang menarik bagi pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: