5 Amalan Yang Dianjurkan di Bulan Safar, Salah Satunya Bisa Menangkal Bencana

5 Amalan Yang Dianjurkan di Bulan Safar, Salah Satunya Bisa Menangkal Bencana

Amalan yang dianjurkan di bulan Safar, mulai dari puasa sunnah hingga sedekah. --Freepik

- Salat Witir: Berfungsi sebagai penutup malam, salat ini dilakukan setelah salat malam lainnya dan biasanya terdiri dari satu atau tiga rakaat.

- Salat Rawatib: Salat sunnah yang dikerjakan sebelum dan sesudah salat wajib. Salat ini membantu menyempurnakan kekurangan dalam salat fardhu dan memberikan tambahan pahala.

5. Membaca Al-Quran

Salah satu amalan penting di bulan Safar adalah meningkatkan bacaan Al-Quran. Seperti yang kita tahu, Al-Quran adalah pedoman utama bagi umat Muslim dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun sebaiknya membaca Al-Quran dilakukan setiap hari, di bulan Safar, dianjurkan untuk lebih banyak membaca Al-Quran.

Setiap huruf yang dibaca dari Al-Quran diberi pahala, dan semakin banyak ayat atau surah yang dibaca, semakin besar pula ganjarannya.

Terlebih lagi, membaca Al-Quran di bulan Safar diyakini memberikan pahala yang berlipat ganda, menjadikannya waktu yang sangat berharga untuk memperdalam hubungan spiritual kita.

BACA JUGA:Menjelajahi Rahasia Salat Tahajud dan Dhuha: Menuju Kehidupan Penuh Barokah

6. Menghindari Takhayul dan Syirik

Bulan Safar sering dikaitkan dengan berbagai takhayul dan kepercayaan yang tidak berdasar dalam beberapa budaya Muslim.

Bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa bulan Safar banyak mengandung ketidakberuntungan bahkan rintangan dan bahaya di tengah perjalanan.

Oleh sebab itu, Safar adalah kesempatan untuk mengingatkan diri sendiri dan orang lain untuk menghindari takhayul dan praktik syirik, serta menegakkan ajaran tauhid dalam Islam.

7. Bersedekah

Amalan bulan Safar yang sangat penting untuk dilakukan adalah memperbanyak sedekah. Sedekah dapat berupa berbagai bentuk, seperti uang, sembako, barang rumah tangga, dan lain sebagainya.

Selain mendapatkan pahala, sedekah juga memiliki manfaat yakni menolak bala bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: