70 Unit Bus Pariwisata Dikirim dari Surabaya ke Balikpapan Untuk Dukung Peringatan HUT RI ke-79 di IKN

70 Unit Bus Pariwisata Dikirim dari Surabaya ke Balikpapan Untuk Dukung Peringatan HUT RI ke-79 di IKN

Persiapan pengiriman bus ke KM Dharma Ferry VII--Foto Pelindo

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pemerintah mengirimkan puluhan kendaraan untuk mendukung HUT RI ke 79 di IKN. Antara lain berupa mobil dan bus pariwisata. Sebanyak 70 unit bus dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

Proses pengiriman bus melalui kapal dilayani oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). GM Kalimas & GSN Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa Ana Adiliya mengatakan bahwa pengiriman dilakukan bertahap pada Rabu, 7 Agustus 2024 dan Kamis, 8 Agustus 2024. 

Pada Rabu kemarin telah dilakukan pengiriman sebanyak 59 unit bus melalui kapal KM.Dharma Ferry VII milik PT.Dharma Lautan Utama (PT.DLU). Kemudian sisanya sebanyak 11 unit bus diangkut pada hari ini, Kamis, 8 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Mulai 10 Agustus Trem Otonom Siap Uji Coba di IKN


Persiapan pengiriman bus ke KM Dharma Ferry VII--Foto Pelindo

Ana menjelaskan, untuk mendukung operasi pengangkutan ini, pihak terminal sudah menyiapkan fasilitas sandar di Jamrud Utara sebelah Barat kemudian juga menyiapkan Ruang Tunggu Kendaraan (RTK) yang siap 2 jam sebelum kapal sandar.

"Kapal KM. Dharma Ferry VII yang rencananya akan memuat 70 unit bus pariwisata tujuan Balikpapan telah sandar pada Rabu pukul 15.00 WIB dan sudah dilakukan proses pemuatan sebanyak 59 unit bus, rencananya kapal KM. Dharma Ferry VII berlabuh pukul 21.00 WIB dan rencananya sandar ulang di dermaga Jamrud Utara pada Kamis, 8 Agustus pukul 06.00 WIB dan berangkat pada Kamis, 8 Agutus pukul 10.00 WIB dengan memuat kembali sebanyak 11 unit bus pariwisata,” ujar Ana.

Pelindo mengantisipasi pengiriman 70 unit bus agar dapat dilakukan dengan cepat dan tidak mengganggu kegiatan operasional normal di pelabuhan. 

Selain itu juga memberikan fasilitas tambatan dengan memastikan ruang tunggu kendaraan (RTK) siap 2 jam sebelum kapal sandar.

BACA JUGA:Garuda Indonesia Teken Kerjasama Dengan OIKN, Perbanyak Penerbangan ke IKN Pada Periode HUT RI ke 79 Agustus Mendatang


Pelindo melayani pengiriman transportasi besar berupa bus pariwisata sebagai bentuk dukungan peringatan HUT RI ke-79 di IKN --Foto Pelindo

"Kami juga melakukan koordinasi dengan stakeholder seperti Shipping Line, KSOP, tim Marines untuk kesiapan Pandu & Tunda, serta mitigasi layanan POCC agar keberangkatan berjalan lancar dan tepat waktu," jelas Ana. 

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke-79, Satgas Infrastruktur IKN Pastikan Kesiapan Akses Jalan dan Air Bersih

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk standar kendaraan bus pariwisata yang akan dikirimkan ke IKN Balik Papan diantaranya adalah lolos rampcheck, memiliki dokumen lengkap seperti STNK, syarat uji kelayakan KIR, ijin penyelenggara wisata (KPS), dan dalam kondisi aktif selama event berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: