Freed Ballet Pukau Penonton, Pentaskan Swan Lake dan The Beginning

Freed Ballet Pukau Penonton, Pentaskan Swan Lake dan The Beginning

Freed Ballet Pukau Penonton, Pentaskan Swan Lake dan The Beginning. The Beginning, lakon pembuka pementasan Freed Ballet. Pada 10 Agustus 2024, Freed Ballet mementaskan The Beginninng dan Swan Lake.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Dua pementasan disajikan Freed Ballet di Ciputra Hall Surabaya, pada 10 Agustus 2024. Dipentaskan dua kali. Yakni pada pukul 15.00 dan 20.00 WIB. The Beginning, karya pembuka tentang permulaan segala hal. Dan Swan Lake. Tentang harapan dan pilihan hidup. 

Sayup petikan gitar dimainkan Artem Demidov. Penari perempuan menari di tengah. Gemulai. Lincah. Sesekali dia bergerak, bertumpu pada satu kaki. Sepatu pointe yang dikenakannya membuatnya tampak berdiri dengan ujung kaki. 

Sorot lampu memunculkan bayang penari itu di dinding kanan-kiri. Sorot warna putih menciptakan kontur bercahaya di sisi wajah dan tubuhnya. 

BACA JUGA:Jelang Pentas Balet Swan Lake (2): Balet Bisa Jadi Ajang Diplomasi


Freed Ballet Pukau Penonton, Pentaskan Swan Lake dan The Beginning. Gerak lincah Vitally Amialishka ketika memerankan The Beginning. Kisah tentang permulaan segala kehidupan.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Penari laki-laki datang. Mengenakan busana serba putih. Ia bergerak ke tengah panggung. Dikelilingi tiga pebalet berbusana hitam. 

Simbol energi positif yang dikelilingi energi gelap. Tapi ia tak terpengaruh. Ia bebas menari. Bergerak. Tiap kali menghampiri salah seorang pebalet hitam, gerak pebalet itu berhenti.

Itulah pertunjukan awal Freed Ballet. The Beginning. Sesuai judulnya, lakon itu menjadi pembuka pementasan kelompok balet asal Rusia itu. 

BACA JUGA:Jelang Pentas Balet Swan Lake (1): 2 Penari Freed Ballet Kagumi Talenta Pebalet Indonesia

“The Beginning berkisah tentang awal mula alam semesta: kelahiran, cinta dan kehidupan, serta perjalanan manusia menuju pemahaman,” ujar Vitally Amialishka, salah seorang pebalet dari Free Ballet. Pementasan itu merupakan adaptasi karya Vladimir Megre berjudul Creation.

Visual bola api berukuran besar menjadi latar para penari itu. Seumpama big bang. Penari laki-laki yang diperankan Oleg Demchenko itu menggerakkan tubuhnya dengan bebas. Ia berperan sebagai pusat ledakan yang menghasilkan ekspansi materi. 

Para penari lainnya membentuk formasi. Mereka seperti awal berbagai gugusan yang terbentuk dari serpihan materi. Menjadi planet, menjadi bima sakti, menjadi bintang-bintang. Penari berkostum biru yang diperankan Maria Martynova menari di tengah. Dia berperan sebagai gambaran bumi.


Freed Ballet Pukau Penonton, Pentaskan Swan Lake dan The Beginning. Odette si gadis angsa yang diperankan Ameli Amialishka, menari gemulai dengan Pangeran Siegfried yang diperankan Vitally Amialishka.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

BACA JUGA:Freed Ballet Akan Pentaskan Dua Lakon Balet, Suguhkan Kompleksitas dan Kebebasan Gerak

Cericit burung terdengar. Para penari berbusana putih itu bergerak layaknya bunga-bunga yang mekar. Muncul kehidupan. Dua penari muncul. Laki-laki dan perempuan. Keduanya diperankan Vittaly Amialishka dan Ameli Amialishka. Mereka menjadi sepasang manusia yang saling mengenal. Kemudian mencintai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway