Honda Kedatangan Mantan Insinyur Ducati, Yamaha Sudah Bikin Lompatan

Honda Kedatangan Mantan Insinyur Ducati, Yamaha Sudah Bikin Lompatan

Stefan Bradl, pembalap wild card Honda di MotoGP Jerez 2024-Motogp-

HARIAN DISWAY - Setelah namanya ramai dibicarakan pada Juli lalu, kini Fabiano Sterlacchini tengah bernegosiasi dengan pihak pabrikan Honda.

Mantan direktur teknik pabrikan KTM Motorcycle ini memiliki peluang besar untuk bergabung ke dalam struktur tim Honda Racing Corporation (HRC).

Meski struktur baru tim HRC sudah terbentuk sejak awal 2024, performa motor RC213V belum juga membaik, bahkan dalam beberapa musim terakhir.

Tim HRC memang sudah diperkuat oleh Ken Kawauchi, yang didatangkan dari tim pabrikan Suzuki-Ecstar pada 2023. Namun, fakta menunjukkan bahwa musim ini baik tim Repsol-Honda Team maupun tim satelit Honda-Castrol-Idemitsu-LCR selalu terlempar dari barisan finis 10 besar di setiap serinya.

BACA JUGA:Yamaha dan Honda Berebut Dominasi di Tengah Krisis Performa

BACA JUGA:Juara Dunia MotoGP: Dominasi Tim Pabrikan atau Kejutan Tim Satelit?

Sterlacchini, yang merupakan alumni Marche Polytechnic University Italia, telah menghabiskan 17 tahun di garasi Ducati Corse. Ia terlibat aktif dalam pengembangan motor balap Ducati Desmosedici.

Sterlacchini sebenarnya baru menjalani karier sebagai pemimpin departemen teknik di KTM Motorcycle pada Juni 2021. Namun, karena suatu alasan, ia memilih untuk hengkang dari KTM Motorcycle pada Juli lalu. Pit Beirer, direktur Motor Sport KTM Motorcycle, juga membenarkan kabar kepergian Sterlacchini tersebut.


pembalap baru tim Red Bull KTM Ajo, yaitu Celestino Vietti-X/@everythingmrace-

Melihat rekam jejak pengalaman Fabiano Sterlacchini, kemungkinan besar tim HRC akan merekrutnya. Salah satu pertimbangannya adalah ia terbiasa menangani mesin balap dengan konfigurasi V4, sementara Honda RC213V juga menggunakan basis mesin V4.

Negosiasi dengan Honda bukan satu-satunya solusi bagi Sterlacchini untuk bertahan di MotoGP. Namun, Honda harus segera memutuskan. Meski Sterlacchini baru bisa bergabung pada November nanti, karena klausul dari kesepakatan sebelumnya saat di KTM Motorcycle.

Terkait kabar bahwa mantan insinyur Ducati dan KTM ini sedang menjalani negosiasi dengan Honda, pihak Yamaha tidak banyak berkomentar.

BACA JUGA:Bagnaia Jadi Model Jersey Ketiga Juventus FC

BACA JUGA:Red Bull Ring Austria: KTM Identik, Ducati Mendominasi MotoGP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: