Paetongtarn Shinawatra Terpilih Sebagai Perdana Menteri Baru Thailand

Paetongtarn Shinawatra Terpilih Sebagai Perdana Menteri Baru Thailand

Pemimpin partai Pheu Thai, Paetongtarn Shinawatra (tengah depan) atau yang dikenal dengan nama panggilan “Ung Ing” dinobatkan sebagai calon perdana menteri Thailand berikutnya di Shinawatra Tower, Bangkok, 15 Agustus 2024.-Lillian SUWANRUMPHA-AFP

Menurut ABC, Thaksin adalah salah satu tokoh politik paling populer di Thailand. Namun, ia digulingkan kudeta militer pada 2006. Thaksin juga merupakan politisi Thailand pertama yang memenangkan mayoritas kursi secara keseluruhan.

Sisa popularitas dan pengaruhnya juga merupakan salah satu faktor di balik dukungan politik untuk Paetongtarn.

Pemililhan PM baru itu terjadi setelah pemecatan PM sebelumnya, Srettha Thavisin, pada Rabu, 14 Agustus 2024. Pengadilan memutuskan bahwa Sretta Thavisin telah melanggar peraturan dengan menunjuk seorang menteri kabinet yang merupakan seorang narapidana.

Srettha adalah perdana menteri ketiga dari partai tersebut yang didepak oleh Mahkamah Konstitusi. Srettha meninggalkan jabatannya setelah kurang dari setahun.

Politik Thailand telah mengalami dua dekade ketidakstabilan kronis yang ditandai oleh kudeta dan protes jalanan yang sebagian besar dipicu oleh pertempuran panjang oleh militer dan kelompok pro-kerajaan. (*)

*) Mahasiswa magang dari Politeknik Negeri Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: abc