Wapres Hadiri Penghargaan Pencegahan Kekerasan dan Terorisme RAN PE Awards 2024

Wapres Hadiri Penghargaan Pencegahan Kekerasan dan Terorisme RAN PE Awards 2024

Wapres Ma'ruf amin memberikan sambutan dalam acara penghargaan RAN PE Awards 2024--Youtube Wapres RI

HARIAN DISWAY - Wakil Presiden (Wapres) M-ruf Amin memberikan sambutan pada acara Penganugerahan Penghargaan Pelopor Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme di Indonesia (RAN PE Awards 2024) di Jakarta, Senin 19 Agustus 2024.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas komitmen serta kontribusi seluruh pemangku kepentingan yang konsisten melakukan berbagai upaya dalam rangka pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia.

Wapres mengatakan selama periode pertama RAN PE berlangsung serangan terorisme menunjukkan angka penurunan. Bahkan laporan Terorism Index tahun 2023 mencatatkan penurunan angka kematian akibat serangan terorisme sebesar 22 persen.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Hari Ini, Berikut Link dan Cara Membuat Akun SSCASN


Wapres Ma'ruf Amin--Youtube Wakil Presiden RI

“Capaian ini adalah bukti nyata dari efektifitas kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam melawan ekstrimisme dan memberikan harapan besar bagi kesuksesan pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme berbasis kekerasann di Indonesia di periode berikutnya” ungkap Ma’ruf Amin dikutip melalui siaran langsung Youtube Wakil Presiden RI.

Selain itu Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan beberapa pesan untuk memperkuat RAN PE pada periode selanjutnya. 

Pertama adalah penguatan multipihak untuk memperkuat RAN PE 2025-2029.

BACA JUGA:Profil Singkat Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan Jokowi Hasil Reshuffle

“Hapus segala sekat2 birokrasi yang kaku dan bersama-sama menjaga stabilitas keamanan nasional dari ancaman pihak yang berusaha memecah belah kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa” jelasnya.

Kedua yaitu melaksanakan RAN PE dengan fokus pada program yang berdampak langsung dan nyata dimasyarakat. "Gandeng pesantren dan organisasi masyarakat sipil yang dapat terjun langsung ketingkat lokal," tambahnya.

Ketiga, meningkatkan peran aktif perempuan dan perlindungan anak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme kekerasan yang mengarah pada terorisme. 

BACA JUGA:Reshuffle Kabinet Jokowi: Lantik Supratman Andi Agtas Jadi Menkumham Baru Gantikan Yasonna Laoly

“Dampak terorisme yang mereka rasakan tidak hanya bersifat fisik tapi juga psikologis dan peran mereka sangat penting dalam memutus mata rantai terorisme di lingkungan keluarga,” jelas mantan Rais 'Am PBNU ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube wakil presiden republik indonesia