Profil Ahmad Luthfi Mantan Kapolda Jateng yang diusung NasDem Menjadi Cagub Jateng pada Pilkada 2024

Profil Ahmad Luthfi Mantan Kapolda Jateng yang diusung NasDem Menjadi Cagub Jateng pada Pilkada 2024

Mantan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi.--

HARIAN DISWAY - Mantan Kepala Polda (Kapolda) Jawa Tengah Inspektur Jenderal (Komjen) Ahmad Luthfi yang diusung Partai NasDem menjadi bakal calon Gubernur Jawa Tengah 2024. 

Luthfi lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 22 November 1966, Ia bergabung bersama Korps Bhayangkara melalui Sekolah Perwira (sepa) Militer Sukarela (Milsuk) Polri pada tahun 1989 dengan pengalamannya di bidang intelijen keamanan.

BACA JUGA:TR Polri Segera Keluar, Irjen Ahmad Luthfi Kandidat Kuat Kapolda Jatim?

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi SH SSt MK: Le Shan Hao Shi

Selepas lulus dari Sepa Milsuk Polri, Luthfi melanjutkan pendidikan kepolisian di Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Polri pada tahun 2000. Lima tahun setelahnya, Luthfi kembali masuk ke lingkungan pendidikan dengan bergabung di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri pada tahun 2005 dan Lembaga Ketahanan nasional (Lemhannas) pada tahun 2007. 


Irjen Ahmad Luthfi terima Rekomendasi dari PSI untuk Maju di Pilgub Jateng-Disway.id/Fajar Ilman-

Pada tahun 2011, Luthfi bertugas sebagai Wakil Kapolres Solo saat Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo. Setelahnya, Markas besar Polri mempromosikan Ahmad Luthfi menjadi Kapolres Solo pada tahun 2015. Pada tahun ini, Jokowi telah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Sebelumnya pada tahun 2014, Luthi menjabat sebagai Direktur Reserse kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Tengah. Di posisi ini dia banyak terlibat dalam pengungkapan kasus-kasus kriminal berat termasuk kasus pembunuhan, perampokan, dan kasus kasus kriminal lain.

BACA JUGA:Pollingkita.com: Irjen Ahmad Luthfi Raih Suara Terbanyak untuk Jadi Gubernur Jateng

Lalu pada tahun 2020-2023 Luthfi menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah. Selama masa jabatannya, Ahmad Luthfi dikenal dengan pendekatannya yang mengutamakan dialog dan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat, dalam menjaga keamanan wilayah Jawa Tengah.  

Luthfi mengakhiri masa jabatannya di tahun 2023 dan digantikan oleh Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo. Dengan pengalaman karir yang panjang dan berbagai penugasan penting, Komjen Ahmad Luthfi dikenal sebagai salah satu perwira kepolisian yang memiliki integritas tinggi dan berdedikasi terhadap tugasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: