Wawasan Series Merdeka dari TBC Ajak Masyarakat Berkontribusi Melawan TBC di Indonesia

Wawasan Series Merdeka dari TBC Ajak Masyarakat Berkontribusi Melawan TBC di Indonesia

Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya TBC dan mendorong kolaborasi berbagai pihak dalam upaya memberantas penyakit ini. --iStockphoto

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Wawasan Series bertajuk Merdeka dari TBC dilangsungkan di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya pada Kamis, 29 Agustus 2024. Melalui focus group discussion ini masyarakat diharapkan ikut berkontribusi melawan penyakit TBC di Indonesia.

Dijelaskan oleh Eddy Prastyo selaku ketua panitia, mereka yang terlibat dalam diskusi Wawasan Series yang merupakan program Suara Surabaya Media itu ingin telah memahami dan berkomitmen pada tiga hal yang menyangkut kondisi TB di Indoneaia.

Pertama, TBC adalah kenyataan medis dan sosial yang perlu mendapatkan perhatian serius bersama seluruh pemangku kepentingan. Kedua, pengidap dan penyintas TBC adalah bagian masyarakat yang perlu mendapatkan pendampingan dan perlakuan setara dalam lingkungan sosial dan berkehidupan dalam negara.

BACA JUGA: Kasus TBC di Indonesia Masih Tertinggi Kedua di Dunia, Wawasan Series Merdeka dari TBC Digelar Hari Ini

Ketiga, dengan segenap daya upaya dan kewenangan yang dimiliki, masyarakat harus bersama-sama mengurangi tingkat penyebaran, terus mendampingi para pengidap juga penyintas, dan menggelorakan edukasi pada publik agar terhindar dari TBC.

"Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya TBC dan mendorong kolaborasi berbagai pihak dalam upaya memberantas penyakit ini," kata Eddy yang juga pemimpin redaksi Suara Surabaya.

Wawasan Series yang ketiga ini adalah keberlanjutan dari siaran populer Radio Surabaya Surabaya. Telah mengudara di Radio Suara Surabaya secara reguler dan menghadirkan berbagai topik kebijakan pemerintah serta suara publik yang kritis.

BACA JUGA: Indonesia Masih Jadi Negara Penyumbang Angka Penderita TBC Terbesar Kedua di Dunia

Digelar setiap Senin hingga Kamis pukul 07.00-09.00 WIB, Wawasan Series mengusung konsep forum off-air yang menghadirkan dialog terbuka dan mendalam dengan beragam narasumber yang kompeten dan berpengalaman. 

Melalui format ini, kami berkomitmen untuk menjembatani informasi antara kebijakan pemerintah dan pandangan masyarakat, memberikan ruang bagi diskusi yang konstruktif dan pemahaman yang lebih luas tentang isu-isu yang memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Acara yang bisa diikuti oleh siapa saja yang merasa ada relasi dengan topik itu selalu menghadirkan pakar, pejabat pemerintah, aktivis, dan perwakilan masyarakat dalam sebuah diskusi yang terstruktur tapi dinamis.

BACA JUGA: TBC Mempengaruhi Kesuburan? Ini Faktanya!

Setiap episode dari Wawasan Series akan fokus pada satu topik besar yang sedang hangat dibicarakan, memberikan analisis mendalam serta solusi potensial yang dapat dikembangkan dari berbagai sudut pandang.

Wawasan Series pertama bertajuk Wawasan Business Forum #TheNextGiant, digelar pada Jumat, 23 Februari 2024, di DoubleTree by Hilton Surabaya. Sebagai representasi harapan besar para pebisnis untuk terus bertumbuh, menghadapi tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: