Rapat Pimpinan Universitas Airlangga di Yogyakarta (1): Membangun Universitas yang Melahirkan Entrepreneur

Rapat Pimpinan Universitas Airlangga di Yogyakarta (1): Membangun Universitas yang Melahirkan Entrepreneur

PARA peserta rapat pimpinan Universitas Airlangga di Yogyakarta pada 31 Agustus-1 September 2024. -Humas Unair-

Di Univeritas Ciputra ada 14 program studi. Sepuluh program studi di antaranya sudah tergolong mandiri secara finansial. Universitas Ciputra saat ini memiliki student body sebanyak 6.177 mahasiswa dan alumnus sebanyak 10.400. 

BACA JUGA: Kepahlawanan Universitas Airlangga

BACA JUGA: Transformasi Universitas Airlangga Menuju Entrepreneurial University

Di Universitas Ciputra program studi terlaris adalah international business management. Itu adalah program studi yang banyak diminati dan menjadi andalan Universitas Ciputra, selain fakultas kedokteran. Selama ini 2 dari 3 lulusan Universitas Ciputra menjadi pengusaha atau entrepreneur (63 persen). 

Tantangan terberat yang dihadapi Universitas Ciputra adalah bagaimana mampu bertahan di tengah iklim persaingan antar perguruan tinggi yang makin ketat. Diakui Denny, berkontestasi dengan PTN sangatlah berat. Animo calon mahasiswa di berbagai kota umumnya masih pada PTN-PTN yang berkualitas. 

Bagi universitas swasta, diakui atau tidak, memang tidak mudah dapat bertahan. Sebab, mereka tidak hanya menghadapi persaingan dengan PTN yang terkenal, tetapi juga harus berkontestasi dengan PTS lain yang tak kalah reputatif.

BACA JUGA: Kuliah Umum Mahfud MD di Universitas Airlangga: Membangun Demokrasi yang Bermartabat

BACA JUGA: Pengukuhan Guru Besar Universitas Airlangga: Kritik di Tahun Politik

Untuk dapat bertahan dan terus dapat mencari mahasiswa baru, Universitas Ciputra mengandalkan media sosial. Di era perkembangan teknologi informasi yang makin masif, diakui keberadaan media sosial sangatlah penting. 

Untuk menjemput bola, yang dikembangkan Universitas Ciputra tidak hanya menyasar promosi ke para siswa SMA, tetapi juga mendekati para orang tua siswa potensial.

Salah satu endorse yang dilakukan adalah memakai jasa Bu Rudy –seorang pengusaha nasi udang dan buah tangan yang terkenal di Kota Surabaya. Bu Rudy adalah sosok pengusaha yang sukses dan memiliki jaringan yang luas dengan para orang tua siswa. 

Bekerja sama dengan Bu Rudy, Universitas Ciputra dapat memperluas ruang promosi untuk kemudian mendapatkan mahasiswa baru yang tertarik karena promosi yang dilakukan sosok-sosok terkenal seperti Bu Rudy. 

Universitas Ciputra selama ini juga memiliki kerja sama dengan 600 SMA yang terkenal dari berbagai kota. Karena bekerja sama dengan mikro influencer yang ada di berbagai sekolah dan alumni, hingga saat ini Universitas Ciputra mampu bertahan memperoleh pasokan mahasiswa baru yang tergolong baik. 

Universitas Ciputra mampu bersaing menghadapi PTS yang lebih senior seperti Universitas Widya Mandala dan Universitas Petra.

INTUISI ENTREPRENEUR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: