Raja Thailand Maha Vajralongkorn Resmikan Kabinet Baru PM Paetongtarn Shinawatra

Raja Thailand Maha Vajralongkorn Resmikan Kabinet Baru PM Paetongtarn Shinawatra

Perdana Menteri Thailand Paetongtarn Shinawatra berbicara dalam sebuah konferensi pers di markas besar partai Pheu Thai setelah upacara pengesahan kerajaan di Bangkok, Thailand, 18 Agustus 2024.-Chalinee Thirasupa-REUTERS

PM yang berusia 38 tahun itu tak lain merupakan putri bungsu dari mantan PM Thaksin Shinawatra. Salah seorang tokoh paling berpengaruh tersebut dinilai masih terlihat sebagai pemegang kekuasaan di belakang layar secara luas.

Paetongtarn juga merupakan wanita kedua dan anggota keluarga keempat yang memegang jabatan tertinggi. Tiga orang tersebut dicopot melalui kudeta atau keputusan pengadilan. 

BACA JUGA: Panas Ekstrem Thailand, 30 Orang Tewas Terpanggang Suhu 40 Derajat

Dengan pembentukan kabinet baru itu, berbagai sumber utama memperkirakan bahwa kebijakan ekonomi pemerintahan baru akan dibangun berdasarkan kebijakan pemerintahan Srettha Thavisin.

Disebutkan bahwa ada lima bidang utama yang dipersiapkan saat pemerintah baru meluncurkan kebijakan ekonominya yang dapat mempengaruhi pengelolaan ekonomi secara keseluruhan antara lain yaitu peran PM sebagai kepala tim ekonomi.

Ia wajib memprioritaskan penyelesaian masalah ekonomi seperti penyelesaian utang, masalah kredit, kebijakan suku bunga, dan tantangan geopolitik, yang berpotensi memanfaatkan kabinet ekonomi sebagai kekuatan pendorong.

BACA JUGA: Sejarah Ladyboy 'Kathoey': Thailand Sah Legalkan Pernikahan Sesama Jenis, Pelopor di Asia Tenggara!

Selain itu peran PM juga harus bisa mengkoordinasikan kebijakan ekonomi dengan mitra koalisi sekaligus komite kebijakan ekonomi seperti dewan investasi, komite kebijakan kendaraan listrik nasional, dan komite sumber daya air nasional. (*)

*) Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, peserta Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters