Jelang Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus, Antusiasme Umat Katolik yang Datang ke GBK Makin Terasa

Jelang Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus, Antusiasme Umat Katolik yang Datang ke GBK Makin Terasa

Simon Petrus Sitanggang (kiri) bersama rombongan umat dari Paroki Bunda Maria Ratu Depok. -Agustinus Fransisco-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Momen langka umat Katolik Indonesia akan segera tiba. Pada Kamis, 5 September 2024, Paus Fransiskus akan memimpin Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

Agustinus Fransisco, jurnalis Harian Disway, mendapatkan kesempatan langsung sebagai salah saeorang jurnalis yang bisa meliput persiapan misa dan misa akbar Paus Fransiskus di GBK yang berlangsung pada Kamis sore hari ini. 

Antusiasme umat Katolik dari seluruh penjuru Indonesia sudah sangat terasa. Salah seorang itu adalah Simon Petrus Sitanggang, seorang umat dari Paroki Bunda Maria Ratu, Depok, yang tidak sabar untuk berpartisipasi dalam acara akbar ini.

BACA JUGA: Ini Live Streaming Kunjungan Paus Fransiskus ke Masjid Istiqlal Bertemu Imam Besar Nasaruddin!

Bagi Simon, acara ini bukan hanya sekadar kesempatan untuk berkumpul bersama ribuan umat lainnya. Tetapi sebuah momen spiritual yang membutuhkan persiapan khusus. Menurut hemat Simon, persiapan spiritual itu yang terpenting.

"Karena acara ini membutuhkan atensi khusus," katanya. Simon menyadari bahwa kehadiran Paus Fransiskus, sebagai Pemimpin Gereja Katolik Sedunia, adalah momen langka yang membawa makna mendalam. 

Ia bersama 200 umat dari parokinya sudah mempersiapkan diri secara spiritual melalui doa dan refleksi agar benar-benar siap untuk menyambut misa ini dengan hati yang terbuka.

BACA JUGA: Link Live Streaming Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK, Lengkap dengan Susunan Acaranya!

Namun, selain persiapan spiritual, Simon juga menekankan pentingnya menjaga kondisi fisik agar bisa mengikuti rangkaian acara dengan baik. "Persiapan kedua adalah fisik dan kesehatan," lanjutnya.
Rombongan suster SDP dari Keuskupan Agung Semarang, saat berfoto bersama di pintu masuk tenggara GBK sambil berangkat ke tempat misa akbar. -Agustinus Fransisco-

Mengingat jumlah umat yang begitu banyak dan kondisi acara yang berlangsung cukup lama, menjaga stamina menjadi prioritas. Apalagi bagi rombongan besar seperti yang Simon ikuti, memastikan semua anggota dalam kondisi sehat adalah hal yang sangat penting.

Dengan penuh semangat, Simon menggambarkan betapa istimewanya acara ini bagi umat Katolik di seluruh dunia, terutama bagi mereka yang akan hadir secara langsung di GBK. 

BACA JUGA: Agenda Paus Fransiskus Hari Ini, Buka Dialog Kebhinekaan di Istiqlal dan Misa di GBK

“Paus diciptakan Tuhan dengan istimewa, untuk menggembalakan seluruh umat Katolik di dunia. Jadi, saya senang bisa merasakan momen istimewa ini” ujarnya. Menurut Simon, kehadiran Paus Fransiskus kali ini punya banyak makna.

bukan hanya simbol kepemimpinan gereja, tetapi juga wujud kasih Tuhan yang hadir dalam bentuk yang nyata dan dekat dengan umatnya. Tidak heran jika Simon merasa sangat beruntung dan terhormat bisa menjadi bagian dari sejarah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: