Cheng Yu Pilihan Senior Manager Bank BJB Prioritas Kanwil 5 Dini Herawati: Qian Li Zhi Xing, Shi Yu Zu Xia

Cheng Yu Pilihan Senior Manager Bank BJB Prioritas Kanwil 5 Dini Herawati: Qian Li Zhi Xing, Shi Yu Zu Xia

Cheng Yu Pilihan Senior Manager Bank BJB Prioritas Kanwil 5 Dini Herawati: Qian Li Zhi Xing, Shi Yu Zu Xia-HARIAN DISWAY-Dokumen Pribadi

Dari orang tuanyi, Dini Herawati selalu diingatkan dengan petuah Lao Tzu (571–470 SM) yang terjemahan bebasnya, "Perjalanan ribuan kilometer diawali dari langkah pertama." Tentu Anda sudah hafal wejangan ini dalam bahasa aslinya: "千里之行,始于足下" (qiān lǐ zhī xíng, shǐ yú zú xià). Kita juga diajari peribahasa yang semakna sejak TK, "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit." 

Dalam artian, kita tidak boleh meremehkan lal-hal yang tampak tak berarti. Yang kelihatannya kecil, jika dilakukan terus-menerus, akan menjadi besar juga pada akhirnya. Yang keras bisa dikalahkan yang lunak sebagaimana dilukiskan adagium "水滴石穿" (shuǐ dī shí chuān): air yang tak henti-hentinya menetes, akan bisa memecah batu.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Bankir Dwi Santi Rahayuningsi: Yong Wang Zhi Qian

Barangkali itulah mengapa Xun Kuang, filsuf yang lebih muda sekitar 2,5 abad dari Lao Tzu, menyimpulkan, "Kuda terbaikpun, tak akan bisa sekali lompat langsung sejauh sepuluh langkah. Kuda terburukpun, kalau berlari selama sepuluh hari, akan jauh juga. Kalau dipahat sekali langsung berhenti, kayu lapukpun tak akan patah. Kalau dipahat terus, logam dan batupun akan kandas. Kunci kesuksesan ada pada tidak menyerah" (骐骥一跃,不能十步;驽马十驾,功在不舍;锲而舍之,朽木不折;锲而不舍,金石可镂 qí jì yī yuè, bù néng shí bù; nú mǎ shí jià, gōng zài bù shě; qiè ér shě zhī, xiǔ mù bù zhé; qiè ér bù shě, jīn shí kě lòu).

Ya, konsistensi adalah koentji! 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Senior partner pada Maramis, Purba, Santi, Singara (MAPS) Law Firm Julius Singara: Xin Shou Bu Yu

Namun, yang juga tak kalah krusial, ialah keberanian untuk memutuskan sesuatu, terutama ketika momentumnya pas. Seperti yang diwanti-wantikan pepatah klasik Tiongkok, "趁热打铁" (chèn rè dǎ tiě): tempalah besi selagi masih panas. 

Sebab, "Kita tidak akan pernah berhasil bila tidak berani mengambil sebuah keputusan," pungkas Dini, yang senior manager Bank BJB Prioritas Kanwil 5 (Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Indonesia Timur). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: