Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Tiga Pilar Desa Trojalu Gelar Musdesrenbang Tahunan 2025

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Tiga Pilar Desa Trojalu Gelar Musdesrenbang Tahunan 2025

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Trojalu menggelar Musyawarah Desa (Musdes) pada 19 Agustus 2024 untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) Tahun 2025.--

HARIAN DISWAY - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Trojalu menggelar Musyawarah Desa (Musdes). Hal ini ditujukan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) Tahun 2025, pada Rabu, 19 Agustus 2024, di Kantor Desa Trojalu

Acara penting ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk Kepala Desa dan perangkatnya. Tak ketinggalan Ketua BPD dan anggota, tokoh masyarakat, serta perwakilan dari kelompok dan lembaga desa. 

Turut hadir pula Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Camat Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Musdes ini bertujuan untuk merumuskan RKP Desa. Yang menjadi panduan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa). Juga sebagai pelaksanaan pembangunan desa pada tahun berikutnya. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Upaya Mediasi Tiga Pilar Desa Wonocoyo kepada Salah Satu Warga

Acara dibuka dengan sambutan dari Camat Baureno dan dilanjutkan oleh Kepala Desa Trojalu Ikhwan Fauji. Keduanya menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan pembangunan desa.

Ketua BPD Trojalu Kusrini memimpin jalannya musyawarah. Dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa RKP Desa merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) untuk satu tahun ke depan. 

"RKP Desa menjadi dasar penyusunan APBDesa yang nantinya diusulkan Pemerintah Desa kepada pihak kecamatan dan kabupaten melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah," jelas Kusrini. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sosialisasi Kamtibmas Oleh Tiga Pilar Desa Trojalu Perkuat Silaturahmi Antar Perguruan di Trojalu

Kusrini menekankan bahwa proses penyusunan RKP ini harus melibatkan masukan dari seluruh masyarakat. Hal ini bertujuan agar rencana pembangunan dapat berjalan dengan baik dan memenuhi kebutuhan warga.

Selama musyawarah berlangsung, masyarakat aktif berpartisipasi dalam diskusi yang dibagi per wilayah dan bidang. Usulan-usulan kreatif serta masukan yang membangun diterima dengan tangan terbuka. 

Forum ini juga memberikan kesempatan bagi warga untuk menyampaikan keluhan dan saran terkait kebutuhan pembangunan desa. Sehingga penyusunan RKP Desa dapat mencerminkan keinginan dan aspirasi seluruh warga. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Semarak Karnaval Kemerdekaan RW 05 Kelurahan Kebonsari Kulon, Kanigaran, Kota Probolinggo


Suasana Musyawarah Desa yang di selenggarakan oleh Desa Trojalu--

Setiap usulan yang masuk dibahas secara terbuka, sehingga proses penyusunan RKP Desa bersifat inklusif dan transparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: