KTM MotoGP Tes Prototipe RC16 2025 di Misano, Fokus Pengembangan Mesin dan Aerodinamika

KTM MotoGP Tes Prototipe RC16 2025 di Misano, Fokus Pengembangan Mesin dan Aerodinamika

Test rider KTM Factory MotoGP, Dani Pedrosa (26) saat tes resmi Senin (9/9) di sirkuit Misano, ia terlihat gunakan motor berbeda dari yang biasa dipakai musim ini, hanya beda letak knalpot dan bentuk aero buritan saja--Twitter Red Bull KTM Factory Racing @KTM_Racing

HARIAN DISWAY - Manajer teknis tim pabrikan KTM MotoGP, Sebastian Risse, menjelaskan tentang agenda tes resmi MotoGP di Misano yang berlangsung pada 9 September lalu.

Tes resmi tersebut bertujuan untuk mengevaluasi komponen-komponen motor versi 2024 sebelum dikembangkan menjadi paket yang lebih lengkap. Paket tersebut nantinya akan diuji pada tes resmi akhir tahun ini di sirkuit Valencia pada bulan November.

"Ini adalah titik pemeriksaan terakhir sebelum dimulainya tes resmi di Valencia. Kami tidak memiliki target khusus di sini (tes resmi Misano, 9 September 2024). Ini lebih tentang mengonfirmasi item-item individu dan kemudian menggabungkannya sebelum menuju Valencia," ujar Risse.

Saat tes resmi di Misano pada hari Senin, di paddock tim KTM Factory terlihat tiga motor yang posisinya membelakangi lintasan. Beberapa orang mengakui bahwa bentuk buritan motor KTM RC16 terlihat sangat berbeda dengan versi reguler yang digunakan musim ini.

BACA JUGA:Pecco Bagnaia Paling Sibuk saat Test Drive Pembalap Ducati

BACA JUGA:Pengembangan YZR-M1, Yamaha Uji Sasis dan Mesin Baru di Misano

Jika melihat formasi pembalap KTM untuk musim depan, tim pabrikan akan diisi oleh Brad Binder (saat ini di tim pabrikan) dan Pedro Acosta (saat ini di tim satelit KTM-Tech3 Racing).

Sementara itu, dua motor tim satelit KTM-Tech3 Racing akan menjadi milik Maverick Vinales dan Enea Bastianini.

Benar saja, test rider Dani Pedrosa justru dibawa untuk mengikuti tes resmi di Misano, bukan Pol Espargaro.

Dengan demikian, ketiga motor tersebut akan digunakan oleh Brad Binder, Pedro Acosta, dan Dani Pedrosa.

"Brad Binder mengendarai konfigurasi yang berbeda: motor versi 2024 dengan beberapa pengembangan, serta versi motor baru yang potensial," kata Francesco Guidotti, Team Principal Red Bull KTM Factory Racing.

BACA JUGA:Hasil Tes Resmi MotoGP di Misano: Prototipe 2025 Belum Sepenuhnya Turun ke Lintasan

BACA JUGA:Marc Marquez dan Catatannya di MotoGP, Menuju Rekor Baru!

"Dani Pedrosa telah mencoba evolusi motor yang digunakan musim ini, sementara Jack Miller fokus pada pengecekan ulang aerodinamika dan set-up untuk balapan sisa musim ini," ucap Guidotti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: