Tahap Kalibrasi Usai, Menhub Pastikan Bandara IKN Telah Siap Digunakan Pesawat Kepresidenan

Tahap Kalibrasi Usai, Menhub Pastikan Bandara IKN Telah Siap Digunakan Pesawat Kepresidenan

Pesawat Cessna Citation Longitude berhasil melakukan pendaratan pertama di landasan Bandara VVIP IKN pada Kamis, 12 September 2024-Kemenhub-

HARIAN DISWAY – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama rombongan sukses melakukan pendaratan perdana pesawat jet berpenumpang di Bandara IKN, Kalimantan Timur, pada Kamis, 12 September 2024.

“Alhamdulillah, pesawat yang kami tumpangi berhasil mendarat dengan lancar dan selamat di Bandara IKN,” ujar Menhub. 

Menhub menyampaikan bahwa verifikasi dan kalibrasi Bandara IKN telah selesai dilakukan. Verifikasi telah dilaksanakan pada 8 hingga 9 September 2024. Serta, kalibrasi dilaksanakan pada 10 September 2024.  

Sehingga, keamanan dan keselamatan penerbangan di bandara IKN sudah dipastikan memenuhi standar. 

Sebelumnya, Menhub mengungkapkan bahwa proses kalibrasi bandara dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, serta untuk memastikan pengoperasian peralatan pendukung transportasi udara berjalan dengan benar dan akurat.

“Dengan begitu, Bandara IKN sudah siap digunakan untuk lepas landas dan pendaratan pesawat kepresidenan selama Pak Presiden berkantor di IKN,” pungkas Menhub.

BACA JUGA:Tes Landasan Baru, Pesawat Jet yang Ditumpangi Menhub Berhasil Mendarat Mulus di Bandara IKN


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama rombongan sukses melakukan pendaratan perdana pesawat jet berpenumpang di Bandara IKN, Kalimantan Timur pada Kamis, 12 September 2024--

Menhub pun menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan menyukseskan pembangunan bandara IKN.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memberikan arahan. Kemudian apresiasi dan terima kasih juga kami ucapkan khususnya kepada Kementerian PUPR, Kementerian ATR dan Pemda, yang telah mendukung dan menyukseskan pembangunan bandara IKN," tutur Budi. 

Diketahui, panjang runway Bandara IKN saat ini telah mencapai 2.200 meter.

Terminal VVIP yang disebut memiliki interior menawan, pembangunannya telah mencapai lebih dari 90 persen.

Sementara itu, jalan akses utama hampir selesai 100 persen dan berbagai fasilitas penunjang lainnya terus dimaksimalkan pengerjaannya. 

Menhub optimistis Bandara IKN akan selesai dibangun secara keseluruhan sesuai target, yakni pada 31 Desember 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: