Tahap Kalibrasi Usai, Menhub Pastikan Bandara IKN Telah Siap Digunakan Pesawat Kepresidenan

Tahap Kalibrasi Usai, Menhub Pastikan Bandara IKN Telah Siap Digunakan Pesawat Kepresidenan

Pesawat Cessna Citation Longitude berhasil melakukan pendaratan pertama di landasan Bandara VVIP IKN pada Kamis, 12 September 2024-Kemenhub-

BACA JUGA:Kemenhub Kalibrasi Bandara IKN, Tuntas 31 Desember 2024

BACA JUGA:Menhub Tinjau Pengaspalan Landasan Pacu Bandara IKN: Semoga Tidak Hujan Agar Hasil Maksimal


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama rombongan sukses melakukan pendaratan perdana pesawat jet berpenumpang di Bandara IKN.--

Capt. Win Warsono bertugas sebagai pilot pesawat Cessna Citation Longitude pada penerbangan tersebut. 

Ia menyampaikan penerbangan kali ini merupakan penerbangan perdana ke Bandara IKN untuk kategori jet engine dengan klasifikasi kelas C.

Ia pun menjelaskan bahwa dirinya dan crew pesawat telah mendapatkan informasi data dari Direktorat Bandar Udara dan tim verifikasi, sehingga data tersebut dapat dimasukkan ke dalam sistem navigasi pesawat Longitude. 

“Secara keseluruhan, dari analisa kami, runway yang sudah existing ini aspalnya sangat menggigit. Artinya, braking action-nya luar biasa. Sebelum 2.200 meter sudah berhenti dengan konfigurasi normal,” jelas Capt. Win Warsono.

Demikian pula dari Airnav dan Direktorat Navigasi kata Win sejatinya telah melakukan evaluasi untuk prosedur-prosedur keamanan dan keselamatan, dimana hasilnya sangat memuaskan.

*)Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, Peserta Magang Reguler di Harian Disway 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: