Pesona Kuil Buddha di Shanxi, Semakin Terkenal Karena Game Black Myth: Wukong

Pesona Kuil Buddha di Shanxi, Semakin Terkenal Karena Game Black Myth: Wukong

Pesona Kuil Buddha di Shanxi, Semakin Terkenal Karena Game Black Myth: Wukong. Kuil Huayan, permata budaya yang dibangun pada era Dinasti Liao dan Jin.-China Daily-chinadaily.com.cn

Shanxi, sebuah provinsi di Tiongkok Utara, kini menjadi pusat perhatian para wisatawan berkat popularitas game Black Myth: Wukong. Dari 36 situs arsitektur kuno yang ditampilkan dalam permainan, 27 di antaranya berada di Shanxi, menjadikan provinsi itu sebagai tujuan wisata sejarah yang semakin diminati.

Game Black Myth: Wukong tidak hanya menarik minat para gamer di seluruh dunia. Tetapi juga berhasil menghidupkan kembali minat terhadap situs-situs arsitektur kuno di berbagai provinsi di Tiongkok. Salah satunya di Shanxi.

Berikut adalah berbagai wisata menarik di Shanxi. Beberapa di antaranya memuat kuil-kuil Buddhis kuno.

BACA JUGA:Kisah Traveller Perempuan dari berbagai Negara Kagumi Wisata Indonesia

Yungang Grottoes: Warisan Seni Buddhis yang Tak Ternilai

Salah satu situs paling terkenal yang muncul dalam game Black Myth: Wukong adalah Yungang Grottoes. Itu merupakan situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di kota Datong, Shanxi. 

Yungang Grottoes dianggap sebagai puncak seni gua Buddhis dari abad ke-5 dan ke-6, yang dibuat pada masa Dinasti Wei Utara (386-534). Kuil itu dibangun ketika Datong, yang saat itu dikenal sebagai Pingcheng, menjadi ibu kota selama hampir satu abad.

Yungang Grottoes membentang sekitar satu kilometer dari timur ke barat. Dipahat langsung pada batuan tebing. Gua-gua itu terdiri dari 45 gua besar dan 209 gua tambahan yang menampung lebih dari 59 ribu patung dalam berbagai ukuran. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kerja Sama Pariwisata, Prabowo Dorong Penerbangan Langsung Rusia-Bali

Patung tertinggi di situs itu berdiri setinggi 17 meter. Sementara yang terkecil hanya berukuran 2 sentimeter. Patung-patung itu menggambarkan berbagai tema. Mulai dari sejarah hingga arsitektur dan musik.

Pada tanggal 23 Agustus 2024, dalam tur Shanxi untuk pedagang dan pemuda Taiwan, seorang jurnalis dari Hsinchu, Fan Yang-chi, menyatakan kekagumannya. "Saya baru benar-benar memahami teknik pahat leluhur dan dedikasi mereka terhadap seni Buddhis di Yungang Grottoes ini," kata Fan. 

Jurnalis veteran Cheng Chen-tung juga mengungkapkan kekagumannya. Ia mengatakan, "Yungang Grottoes sangat mengesankan. Ini adalah warisan budaya Tiongkok. Saya berharap situs ini dapat lebih dipromosikan."

BACA JUGA:Wisata Neraka, Taman Bermain Unik di Singapura

Kuil Huayan: Permata Budaya dari Dinasti Liao dan Jin


Pesona Kuil Buddha di Shanxi, Semakin Terkenal Karena Game Black Myth: Wukong. Kuil Huayan memainkan peran penting dalam budaya Buddha dan arsitektur Tiongkok.-Hu Jun-chinadaily.com.cn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: