Pesona Kuil Buddha di Shanxi, Semakin Terkenal Karena Game Black Myth: Wukong

Pesona Kuil Buddha di Shanxi, Semakin Terkenal Karena Game Black Myth: Wukong

Pesona Kuil Buddha di Shanxi, Semakin Terkenal Karena Game Black Myth: Wukong. Kuil Huayan, permata budaya yang dibangun pada era Dinasti Liao dan Jin.-China Daily-chinadaily.com.cn

Tidak jauh dari Yungang Grottoes, Kuil Huayan berdiri megah di Datong. Dibangun pertama kali pada tahun 1038, kuil itu adalah salah satu kompleks kuil paling terawat dari Dinasti Liao dan Jin (916-1234). 

Luasnya sekitar 66 ribu meter persegi. Kuil Huayan disebut sebagai "museum seni dari Dinasti Liao dan Jin," yang menyimpan harta seni kuno berupa patung dan mural. Serta berperan penting dalam budaya Buddhis dan arsitektur Tiongkok.

Aula utama Huayan, Mahavira Hall, dibangun pada tahun 1062 dan merupakan aula Buddhis terbesar yang masih bertahan dari Dinasti Liao dan Jin. 

BACA JUGA:Huaxiacheng di Weihai, Tiongkok: Bekas Tambang yang Disulap jadi Wisata Menawan

Selama tur pada tanggal 22 Agustus 2024, Zhou Hui-lin, seorang kepala perawat dari Taipei, merasa sangat terkesan. "Aula Mahavira sangat megah dan spektakuler. Di Taiwan, saya belum pernah melihat aula Buddhis dengan sejarah ratusan tahun," ungkap Zhou.

Di dalam Kuil Huayan, Aula Agung Sakyamuni yang dibangun pada tahun 1038 menjadi struktur tertua yang masih ada. Aula itu menampilkan 29 patung tanah liat dari Dinasti Liao. Menunjukkan seni patung tingkat tinggi pada masa itu. 

Salah satu yang paling menonjol adalah patung Bodhisattva yang sedang berdoa, yang dikenal sebagai "Venus dari Timur" oleh sejarawan Tiongkok Zheng Zhenduo.

Struktur tertinggi di Kuil Huayan adalah Pagoda Huayan setinggi 43 meter. Mahakarya yang memadukan elemen tradisional dan modern. Dari ketinggian, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Datong dengan leluasa.

BACA JUGA:Wisata Harry Potter Bikin Bisnis di Edinburgh Panen Besar

Kuil Xuankong: Keajaiban yang Menggantung di Tebing


Pesona Kuil Buddha di Shanxi, Semakin Terkenal Karena Game Black Myth: Wukong. Kuil Xuankong, atau Kuil Gantung, merupakan bangunan bersejarah budaya Datong.-china daily-chinadaily.com.cn

Kuil Xuankong, yang juga dikenal sebagai Kuil Gantung, merupakan situs arsitektur unik yang terletak di Gunung Hengshan. Posisinya berada sekitar 60 meter di atas permukaan tanah. Kuil itu menjadi landmark budaya Datong dan merupakan contoh arsitektur kuno Tiongkok yang unik.

Dibangun pada akhir Dinasti Wei Utara sekitar 1.500 tahun silam, Kuil Xuankong terkenal karena lokasinya yang menantang. Pada 2010, majalah Time memasukkan kuil itu dalam daftar 10 bangunan paling berbahaya di dunia.

Pada pandangan pertama, kuil itu tampak disangga oleh sekitar 30 tiang kayu vertikal. Namun, sebenarnya penopang utama kuil tersebut berasal dari balok-balok horizontal yang tertanam di dalam batu. 

"Tim konstruksi Kuil Xuankong sangat mengagumkan. Dikenal karena keberanian dan ketekunan mereka dalam arsitektur. Sangat mengherankan bahwa orang-orang dari 1.500 tahun yang lalu memiliki keterampilan dan teknik bangunan yang begitu luar biasa," kata Fan Yang-chi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: