MotoGP 2027: Yamaha Siapkan Mesin V4 untuk Aturan Baru

MotoGP 2027: Yamaha Siapkan Mesin V4 untuk Aturan Baru

Alex Rins (depan) disusul Fabio Quartararo (belakang) saat keluar Paddock jelang sesi sprint race di GP Misano Sabtu (7/9) lalu--Twitter Monster Energy Yamaha Motogp @YamahaMotogp

HARIAN DISWAY - Keputusan Dorna, sebagai operator resmi MotoGP, untuk mempersiapkan peralihan ke regulasi baru mulai 2027 mewajibkan semua tim MotoGP membekukan pengembangan mesin berkapasitas 1000 cc mereka mulai 2025 hingga akhir 2026.

Regulasi baru yang akan berlaku pada 2027 mewajibkan semua motor di kelas “para Raja” MotoGP menggunakan mesin berkapasitas 850 cc, dengan konfigurasi 4 silinder sebagai dapur pacu. Mesin ini berbasis konfigurasi V4 atau 4 silinder segaris.

Isu yang beredar di Paddock MotoGP menyebutkan bahwa tim Yamaha Factory tengah mempersiapkan mesin baru untuk regulasi 2027.

Kabarnya, mesin baru berbasis konfigurasi V4 tersebut sudah menunjukkan perkembangan signifikan, meski belum ada rilis resmi dari pihak Yamaha terkait rumor ini.

BACA JUGA:MotoGP Misano: Perburuan Gelar Juara Ditentukan dari Sini!

BACA JUGA:Andrea Dovizioso Comeback Permanen ke MotoGP? Ini Jawabannya

Jika kita meninjau regulasi MotoGP terkait konsesi D yang diterapkan pada tim Yamaha dan Honda musim ini, peraturan tersebut memperbolehkan perubahan di semua sektor motor.

Namun, perubahan ini tidak boleh mengubah spesifikasi yang telah didaftarkan pada awal musim, seperti mesin, paket sasis, dan aerodinamika yang melekat di motor.

Dengan demikian, sah-sah saja bagi Yamaha MotoGP Factory untuk mengembangkan mesin berkonfigurasi V4 yang akan dipasangkan di YZR-M1, asalkan tidak digunakan pada sisa seri MotoGP musim ini.

Namun, ada area abu-abu jika melihat seruan dari Dorna yang mewajibkan semua tim MotoGP membekukan pengembangan mesin 1000 cc pada 2025 dan 2026. Masalahnya, apakah Yamaha dan Honda masih akan berada dalam konsesi D musim depan?

BACA JUGA:KTM MotoGP Tes Prototipe RC16 2025 di Misano, Fokus Pengembangan Mesin dan Aerodinamika

BACA JUGA:Pecco Bagnaia Paling Sibuk saat Test Drive Pembalap Ducati

Penilaian konsesi MotoGP akan diumumkan pada akhir musim, berdasarkan klasemen konstruktor. Jika Yamaha dan Honda tetap berada dalam konsesi D pada akhir musim, Yamaha Factory MotoGP dapat mendaftarkan mesin V4 mereka untuk musim 2025.

Sepertinya, ini adalah langkah cerdas dari Yamaha Factory MotoGP. Pengembangan mesin V4 selama dua tahun kemungkinan akan cukup untuk mempersiapkan persaingan saat regulasi 2027 resmi diberlakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: