Usai Penutupan PON XXI, PUPR akan Tutup Sementara Stadion Utama Sumatera Utara untuk Tuntaskan Pembangunan

Usai Penutupan PON XXI, PUPR akan Tutup Sementara Stadion Utama Sumatera Utara untuk Tuntaskan Pembangunan

Stadion Utama Sumatera Utara, Sumut Sport Centre di Deli, Serdang, yang bakal ditutup usai Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.--

HARIAN DISWAY - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Stadion Utama Sumatera Utara, Sumut Sport Centre di Deli, Serdang, bakal ditutup usai Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.

"Iya pasti (ditutup untuk dirampungkan), saya tadi sudah rapatkan di Hotel Crew. Jadi, kita sudah sampaikan habis ini kita sempurnakan lagi," kata Basuki ditemui seusai penutupan acara tersebut pada Jumat malam, 20 September 2024.

Ia menyebutkan bahwa salah satu perampungan yang bakal dilakukan adalah aksesibilitas jalan. Memang jalan akses menuju kawasan stadion tersebut masih memiliki banyak PR dan perlu dilakukan perampungan. Jalan akses ini juga banyak dikeluhkan oleh kontingen PON XXI.

Beberapa foto dan video tentang kondisi jalan akses tersebut bahkan sempat memenuhi lini masa media sosial dan mendapatkan tanggapan negatif dari warganet. 

BACA JUGA:Resmi Ditutup Hari Ini, Inilah Sederetan Masalah PON XXI Aceh-Sumut 2024

"Stadionnya sudah OK tapi kita tetap nanti mungkin kita sempurnakan aksesibilitasnya. Saya kira baru sementara untuk supaya bisa dipakai untuk masuk ke stadion, tapi aspalnya harus kita sempurnakan lagi," imbuh Basuki.

Kementerian PUPR memberikan dukungan untuk pembangunan aksesibilitas infrastruktur tersebut dengan biaya Rp221,6 miliar. Total dukungan jalan tersebut adalah sepanjang 7,2 km yang terdiri dari jalan utama sepanjang 2,1 km, jalan dalam kawasan sepanjang 1,1 km, pelataran gedung dan jalan 8 meter, serta parkiran dan parkir persegi.


Penutupan PON yang dilaksanakan di Sumut Sport Centre di Deli, Serdang berlangsung dengan lancar dan meriah.--

PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berakhir pada Jumat malam itu berlangsung dengan lancar dan meriah dengan Jawa Barat yang kembali menyabet titel juara umum.

BACA JUGA:PON XXI Aceh-Sumut 2024 Habiskan Dana Hampir Rp 4 Triliun, Ini Faktanya!

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian serta Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman juga ikut hadir dalam upacara penutupan tersebut.

Penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dilakukan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy yang mewakili Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah menyukseskan gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024. 

"Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. Selamat kepada semua atlit, kontingen dan para juara yang telah meraih prestasi," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy.

BACA JUGA:Menpora Minta Maaf Atas Infrastruktur PON Ke-21 Aceh-Sumut Yang Dianggap Tidak Memadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: