Dua Hari Beroperasi Gratis, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Segmen Kartasura-Klaten Catatkan 74 Ribu Kendaraan Melintas

Dua Hari Beroperasi Gratis, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Segmen Kartasura-Klaten Catatkan 74 Ribu Kendaraan Melintas

Antrian kendaraan di GT Bayudono, Klaten. PT. Jasa Marga Solo-Yogyakarta mencatat 74 ribu kendaraan melintas di dua hari pertama pengoperasian segmen Kartasura-Klaten-Jasa Marga -

HARIAN DISWAY - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mencatat sebanyak 74.518 kendaraan untuk semua jenis golongan melintasi Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jalan Tol Jogja-Solo) selama periode pengoperasian awal tanpa tarif

Sebelumnya pada Jumat dan Sabtu, tanggal 20 sampai 21 September 2024, Jalan Tol Solo-Yogyakarta segmen Kartasura-Klaten beroperasi untuk pertama kalinya setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Selama dua hari operasional pertama, segmen Jalan Tol sepanjang 22,3 Km teraebut beroperasi tanpa tarif alias gratis.

BACA JUGA:Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartosuro-Purwomartani Rampung Tahun 2024

74 ribu kendaraan yang dihitung PT JMJ merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari tiga Gerbang Tol (GT) yaitu GT Banyudono, GT Polanharjo dan GT Klaten pada gerbang keluar (exit gate) maupun gerbang masuk (entrance gate).

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menyampaikan sejak segmen Kartasura-Klaten ini diresmikan dan dioperasikan, antusiasme masyarakat yang memanfaatkan jalan tol ini terlihat begitu tinggi.

"Jumlah kendaraan pada gerbang keluar tercatat sebanyak total 38.938 kendaraan. Sementara pada gerbang masuk total 35.580 kendaraan," jelas Rudy.

BACA JUGA:Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Jalan Tol Akses Ke KIPP IKN, Target Rampung Juni 2025

Adapun tiga gerbang keluar (exit gate) pada segmen ini berada di GT Kartasura dan GT Klaten 

Rinciannya, jumlah total kendaraan pada gerbang keluar (exit gate) pada GT Banyudono tercatat 12.260 kendaraan, GT Polanharjo 11.263 kendaraan, dan GT Klaten 11.724 kendaraan.

Sedangkan untuk jumlah total kendaraan pada gerbang masuk (entrance gate) tercatat pada GT Banyudono sebanyak 14.527 kendaraan, GT Polanharjo 5.619 kendaraan dan GT Klaten sebanyak 18.792 kendaraan.

Rudy juga menjelaskan, bahwa saat ini masyarakat dapat memanfaatkan jalan tol segmen Kartasura-Klaten ini dengan tarif nol rupiah selama beberapa waktu ke depan, sebagai bentuk sosialisasi kami kepada pengguna jalan tol. 

BACA JUGA:Jajal Jalan Tol IKN, Jokowi Ajak Raffi Ahmad dan Para Influencer Touring Dengan Motor

"Dengan dikenakan tarif nol rupiah, pengguna jalan tetap harus menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup untuk tapping sebelum memasuki dan keluar gerbang tol," lanjut Rudy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: