7 Peran Terbaik Maggie Smith, Salah Satunya Prof McGonagall

7 Peran Terbaik Maggie Smith, Salah Satunya Prof McGonagall

7 Peran terbaik Maggie Smith, salah satunya Prof McGonagall di Harry Potter--The Today Show

HARIAN DISWAY - Industri perfilman dunia sedang berduka. Aktris legendaris Inggris, Maggie Smith, menghembuskan napas terakhir pada Jumat, 27 September 2024.

Maggie Smith meninggal pada usia 89 tahun di Rumah Sakit Chelsea and Westminster, London. Kabar itu disampaikan oleh kedua anak lelakinya, Chris Larkins dan Toby Stephens.

Maggie Smith, yang memiliki nama lengkap Dame Margaret Natalie Smith, ahir pada 28 Desember 1934 di kota Ilford, Essex, Inggris. Dia memulai kariernya pada 1952 di usia 17 sebagai aktris di teater.

Selama kariernya, dia mampu meraih penghargaan sebanyak 58 piala. Beberapa di antaranya adalah dua piala Oscar, empat piala Emmy Awards, satu Tony Awards, dan tiga Golden Globe Awards.

BACA JUGA:Maggie Smith, Aktris Legendaris Pemeran Professor McGonagall dalam Harry Potter, Meninggal Dunia

BACA JUGA:Para Bintang Downton Abbey Beri Penghormatan untuk Dame Maggie Smith

Selama hidupnya, Maggie Smith telah berperan dalam ratusan film, serial televisi, dan teater. Untuk mengantar kepergiannya, berikut adalah 7 peran terbaik yang pernah dibawakan Maggie Smith.

1. Lady Violet Crawley - Downton Abbey


7 Peran terbaik Maggie Smith, salah satunya Prof McGonagall di Harry Potter--IMDb

Downton Abbey adalah serial televisi bertemakan sejarah yang berlatar waktu pada awal abad ke-20. Serial ini mulai tayang pada 2010, dan tamat pada 2015. Total, ada enam musim. Downtown Abbey juga diadaptasi ke layar lebar dalam dua film.

Maggie Smith berperan sebagai Lady Violet Crawley, seorang janda Countess of Grantham. Perannya dikenal sebagai perempuan yang sering mengeluarkan dialog sarkas dan komentar tajam yang membuatnya ikonik.

Berkat peran di Downtown Abbey ini, Maggie Smith mendapatkan banyak peghargaan. Dia beberapa kali memenangkan kategori Best Supporting Actress di Emmy Awards, Golden Globe Awards, dan BAFTA Awards.

BACA JUGA:Chris Columbus Ungkap Alasan Pilih Maggie Smith Perankan Professor McGonagall di Harry Potter

BACA JUGA:RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon Meninggal di Usia 82 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber