Jokowi Puji Prabowo soal Diplomasi Pertahanan: Dialog adalah Jalan Penyelesaian Konflik

Jokowi Puji Prabowo soal Diplomasi Pertahanan: Dialog adalah Jalan Penyelesaian Konflik

Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto menyapa warga seusai upacara HUT ke-79 TNI di di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu, 5 Oktober 2024.-Humas Kementerian Pertahanan-

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melontarkan pujian ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Sabtu, 5 Oktober 2024

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi secara khusus menyampaikan rasa terima kasih kepada Prabowo. Jokowi menilai presiden Indonesia terpilih itu telah meningkatkan kekuatan pertahanan negara, salah satunya lewat diplomasi. 

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan, Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sekaligus sebagai presiden terpilih yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan," kata Jokowi.

BACA JUGA:Ini Pesan untuk Semua Prajurit TNI

BACA JUGA:Momen Hangat Prabowo dan Gibran Kompak Sambut Jokowi di HUT ke-79 TNI

Bagi Jokowi, upaya modernisasi alutsista sangat penting untuk mendorong industri pertahanan dalam negeri. Sekaligus memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi.

Terkait diplomasi pertahanan, Jokowi pun menyoroti konflik Timur Tengah yang bergulir hingga saat ini. Ia menekankan dialog adalah satu-satunya cara menyelesaikan konflik.

"Sebetulnya kalau semua negara melakukan pendekatan lunak, melalui dialog, bertemu, komunikasi baik, saya kira peristiwa di Palestina, di Gaza, di Lebanon, bisa kita hindari. Saya kira memang dialog adalah jalan satu satunya untuk menyelesaikan konflik," kata Jokowi setelah memimpin upacara HUT ke-79 TNI.

BACA JUGA:Prabowo Sapa Warga di Monas Seusai Hadiri HUT ke-79 TNI

BACA JUGA:Kiprah Prajurit dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)

Menurut Jokowi, semua konflik harus diselesaikan di meja perundingan. Dan semua pihak harus menahan diri untuk tidak memperbesar eskalasi yang ada.

Ya, peringatan HUT ke-79 TNI tahun ini menjadi momentum terakhir Jokowi untuk menghadiri acara hari jadi TNI sebagai presiden, sebelum menyerahkan jabatan tersebut kepada Prabowo Subianto. 

BACA JUGA:Jokowi di HUT ke-79 TNI: Jangan Ada Riya' yang Berpotensi Ganggu Keamanan Negara

BACA JUGA:HUT TNI 5 Oktober: Sejarah, Tugas, dan Tema HUT Tentara Nasional Indonesia ke-79

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: