Prabowo-Gibran Siapkan Kabinet, Jokowi Siap-siap Balik ke Solo

Prabowo-Gibran Siapkan Kabinet, Jokowi Siap-siap Balik ke Solo

Prabowo Gibran selepas debat cawapres di JCC Hall, Senayan, Jakarta, 25 Desember 2023-tangkapan layar youtube@kpu-

HARIAN DISWAY - Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan bahwa penyusunan kabinet pemerintahan bersama Prabowo Subianto sudah hampir selesai. Ia mengungkapkan bahwa susunan kabinet akan diumumkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Dilansir dari Disway.id, Gibran mengatakan persiapan sudah nyarius 100 persen. "Nanti ya, biar diumumkan Pak Presiden terpilih,” kata Gibran setelah meninjau uji coba makan gratis di SMAN 70 Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2024.

Gibran menegaskan komitmennya dalam pembentukan formasi pemerintahan mendatang dan mengaku terlibat dalam penyusunan kabinet. “Oh ya, pasti,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran akan diumumkan saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:Jelang Pelantikan, Jokowi dan Prabowo Intensif Bertemu

BACA JUGA:Gerindra Bantah Tudingan Isu Jokowi Cawe-cawe Pembentukan Kabinet Prabowo

Dasco juga membantah adanya isu yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo ikut campur dalam penyusunan kabinet Prabowo.

“Sampai dengan hari ini, tidak pernah Pak Jokowi atau Pak Prabowo membicarakan kabinet, karena pada prinsipnya Pak Jokowi memberikan hak prerogatif itu kepada Pak Prabowo sebagai presiden terpilih,” ujar Dasco di kompleks parlemen, Senayan, pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Presiden Joko Widodo dipastikan akan hadir dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang. Jokowi juga mengungkapkan rencananya untuk segera kembali ke Solo setelah acara.

BACA JUGA:Rencana setelah Pelantikan Prabowo-Gibran, Jokowi: Pulang ke Solo, Mau Tidur

BACA JUGA:Gaji Hakim Tak Naik Selama 12 Tahun, Prabowo Janjikan Perbaikan

“Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo,” ujarnya setelah menghadiri acara BNI Investor Daily di JCC, Senayan, Jakarta, pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Presiden Jokowi tidak merinci kegiatan yang akan dilakukan setelah pelantikan. Ia menyampaikan dengan guyonan bahwa ia akan beristirahat. “Pulang ke Solo dulu, tidur,” ujarnya.

*) Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, peserta program magang reguler Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: