Protes Timnas Indonesia Direspon Minim oleh AFC, Exco PSSI: Sekjen AFC Enggak Jelas!

Protes Timnas Indonesia Direspon Minim oleh AFC, Exco PSSI: Sekjen AFC Enggak Jelas!

Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga menanggapi insiden kericuhan laga Persib vs Persija.--Instagram/aryasinulangga

"Saya tidak mengerti kenapa Sekjen AFC meminta klarifikasi lagi. Pada 10 Oktober 2024, Pak Sumardji sudah menyampaikan keluhan langsung kepada match commissioner setelah pertandingan, tepatnya pukul 22.04 waktu Bahrain," ungkap Arya Sinulingga dalam unggahan di Instagram pribadinya, 13 Oktober 2024.

Arya menambahkan bahwa PSSI berharap AFC dapat menindaklanjuti protes mereka dengan serius. Jika tidak ada tanggapan yang memuaskan dari AFC, PSSI berencana untuk membawa kasus ini ke FIFA.

"Kami sudah mengirimkan surat resmi. Jika AFC tidak menanggapi dengan baik, kami akan melanjutkan protes ini ke FIFA," tegasnya. 

BACA JUGA:Tak Hanya Timnas Indonesia, Wasit Kontroversial Ahmed Al Kaf Juga Pernah Rugikan Thailand

Kontroversi Wasit Ahmed Al Kaf di Laga Bahrain vs Indonesia


Wasit AFC terburuk dalam sejarah yakni Ahmed Al Kaf yang memimpin laga Bahrain vs Timnas Indonesia-Tangkapan layar/Instagram-

Kontroversi yang dipicu oleh keputusan wasit Ahmed Al Kaf memang cukup mencolok. Salah satu yang paling disorot adalah terkait waktu tambahan yang diberikan di akhir pertandingan.

Meski wasit hanya memberi tambahan waktu enam menit, pertandingan tetap berlanjut hingga menit ke-99. Bahkan, gol yang dicetak Bahrain pada menit ke-99 membuat laga semakin memanas.

Tak lama setelah gol tersebut, wasit menghentikan pertandingan di menit ke-100. Selain itu, Ahmed Al Kaf juga memberikan kartu merah kepada manajer Timnas Indonesia, Sumardji. 

BACA JUGA:Update Ranking FIFA Timnas Indonesia dan Klasemen Kualifikasi Piala Dunia, Masih Bisa Lolos!

Akibatnya penggawa Merah-putih pun melayangkan protes keras. Bahkan, Shayne Pattynama terlibat insiden dorong-mendorong dengan pemain Bahrain setelah pertandingan.

Keputusan-keputusan wasit itu menjadi perbincangan hangat, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di media internasional.

Dengan laga yang disiarkan di lebih dari 40 negara, banyak mata yang memperhatikan setiap keputusan yang diambil dalam pertandingan itu. Mari kita tunggu respon bijak AFC. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber