PPK Ormawa Untag Surabaya Dukung UMKM Dukuh Menanggal

PPK Ormawa Untag Surabaya Dukung UMKM Dukuh Menanggal

PPK Ormawa Untag Surabaya UKM Fordimapelar memamerkan inovasi yang telah dilakukan untuk mengembangkan UMKM warga Dukuh Menanggal.--

HARIAN DISWAY - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus berkomitmen meningkatkan kualitas kegiatan kemahasiswaan. Salah satunya adalah dengan visitasi internal Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa). 

Visitasi ini digelar pada Rabu, 9 Oktober 2024 dan dihadiri langsung oleh Wakil Rektor II Dr Abdul Halik, MM didampingi Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Febby Rahmatullah Masruchdin, ST, MT. 

Tahun ini, tim PPK Ormawa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fordimapelar mengusung tema strategis ‘Optimalisasi Re-Branding, Digital Marketing, dan Manajemen Audit dalam Mendukung UMKM Kue Kering Kelurahan Dukuh Menanggal Menuju Kelurahan Wirausaha Berkelanjutan’. Program berlangsung mulai Juli hingga Oktober ini melibatkan 16 mahasiswa dari berbagai program studi. Mereka bekerja sama langsung dengan 11 pelaku usaha lokal di Kelurahan Dukuh Menanggal.

Inisiatif ini menjadi bukti nyata kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat lokal dalam memberdayakan ekonomi berbasis UMKM dengan pendekatan digital. Fordimapelar tidak hanya berfokus pada peningkatan kapasitas usaha melalui re-branding dan pemasaran digital, tetapi juga memperkenalkan sistem manajemen keuangan yang lebih modern. 

BACA JUGA:Rektor Untag Surabaya Prof Nugroho Raih Academic Leader 2024

BACA JUGA:Inovasi Alat Pemotong Daun Tembakau: Pengabdian Masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa Teknik Mesin Untag Surabaya

Ketua UKM Fordimapelar Rahmania Risky Putri Yonsa menegaskan pentingnya tema yang diusung dalam program ini. "Kami melihat potensi besar di Kelurahan Dukuh Menanggal untuk berkembang menjadi desa wirausaha yang berkelanjutan. Dengan bantuan digital marketing dan manajemen keuangan yang lebih baik, pelaku usaha dapat meningkatkan daya saing mereka," ujar Rahmania.

Mahasiswa juga berkolaborasi dengan perangkat kelurahan untuk memastikan inovasi yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha. “Kami melakukan audiensi dengan para pengusaha setempat untuk menyesuaikan strategi branding baru, mulai dari nama usaha, logo, kemasan, hingga pemasaran melalui Instagram,” jelas salah satu mahasiswa Psikologi yang terlibat dalam program ini. 


PPK Ormawa Untag Surabaya UKM Fordimapelar berbagi pengetahuan bersama pelaku UMKM Dukuh Menanggal.--

Pendekatan berbasis teknologi ini diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis lokal dan memperluas jangkauan pemasaran.

Melalui program PPK Ormawa 2024, UKM Fordimapelar berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kelurahan Dukuh Menanggal. "Program ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik dengan pembukuan otomatis dan akurat," tambah Rahmania. 

Tidak hanya mengedukasi pelaku UMKM dalam hal pengelolaan keuangan, tetapi juga menyiapkan mereka untuk memanfaatkan potensi pasar digital.

BACA JUGA:Martcapada, Imajinasi Teatrikal Teater Kusuma dalam Dies Natalies Untag ke-35

BACA JUGA:Tangkal Hoax Pilkada, Mafindo Gelar Sosialisasi di Untag Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: